Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terjebak di Karimunjawa, 800 Wisatawan Tak Bisa Menyeberang Sejak Selasa

BISNIS.COM, JEPARA  -- Ratusan wisatawan lokal dan mancanegara yang sebelumnya tertahan di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dijadwalkan untuk diseberangkan ke Jepara Sabtu (6/7), mengingat cuaca laut setempat mulai membaik. "Ketinggian
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 05 Juli 2013  |  23:32 WIB

BISNIS.COM, JEPARA  -- Ratusan wisatawan lokal dan mancanegara yang sebelumnya tertahan di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dijadwalkan untuk diseberangkan ke Jepara Sabtu (6/7), mengingat cuaca laut setempat mulai membaik.

"Ketinggian ombak di Laut Karimunjawa pada Sabtu (6/7), diperkirakan sekitar 2 meteran, sehingga memungkinkan bagi Kapal Motor Penumpang (KMP) Muria untuk berlayar," ujar Camat Karimunjawa Nuryanto, Jumat (5/7).

Dia berharap cuaca laut Sabtu (6/7) memang mendukung, sehingga KMP Muria bisa menyeberangkan sekitar 800-an wisatawan yang gagal diseberangkan sejak Selasa (2/7) karena cuaca laut yang tidak mendukung.

Beberapa wisatawan yang sudah mulai kehabisan bekal, katanya, mulai memadati pelabuhan di Karimunajawa, karena tidak ingin ketinggalan kapal.

Sebelumnya, lanjut dia, ada pula wisatawan yang mencoba masuk kapal lebih dahulu agar ikut diseberangkan ke Jepara.

Untuk antisipasi penumpang saling berebut naik kapal saat hendak diberangkatkan, katanya, akan melibatkan sejumlah pihak, seperti Polisi, Polair, TNI, Syahbandar, dan Satpol PP.

Pasalnya, tidak semua penumpang bisa diangkut untuk diseberangkan ke Jepara.

Rencananya, lanjut dia, kapal tersebut akan diprioritaskan untuk penumpang, dibanding kendaraan roda empat atau lebih, karena kapasitas muatan sebanyak 248 penumpang.

"Jika kendaraan roda empat atau lebih tidak diangkut, tentunya bisa digantikan untuk mengangkut penumpang, sehingga bisa dimaksimalkan hingga 400-an lebih penumpang," ujarnya.

Dengan catatan, kata dia, pengangkutan penumpang antar 400--500 penumpang memang disetujui dan tidak membahayakan.

Untuk mengangkut penumpang lainnya, kata dia, diajukan penambahan operasi KMP Muria dalam sehari mengangkut penumpang hingga dua kali, agar semua wisatawan bisa diseberangkan.

Syahbandar Jepara, Yuniarso mengungkapkan, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jateng, ketinggian gelombang laut di Perairan Jepara pada Sabtu (6/7) antara 1,5--2 meter.

Dengan demikian, kata dia, cuaca tersebut masih memungkinkan bagi KMP Muria untuk berlayar.

Sedangkan ketinggian gelombang hari ini (5/7), kata dia, antara 1,5--1,75 meter. (Antara)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisatawan karimunjawa
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top