Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRANCHLESS BANKING: BI Palembang Siapkan Informasi Harga Komoditas

BISNIS.COM, PALEMBANG -- Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah VII Palembang akan menyediakan informasi mengenai harga komoditas untuk mendukung program branchless banking di daerah perkebunan andalan Sumsel.Analis Senior Unit Pemberdayaan Sektor

BISNIS.COM, PALEMBANG -- Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah VII Palembang akan menyediakan informasi mengenai harga komoditas untuk mendukung program branchless banking di daerah perkebunan andalan Sumsel.

Analis Senior Unit Pemberdayaan Sektor Riil dan UMKM Bank Indonesia Wilayah VII Rosman Dirgantara mengatakan sistem informasi harga komoditas ini berbeda dengan pusat informasi harga pangan strategis (PIHPS) yang juga akan diluncurkan pihaknya dalam waktu dekat.

“Kalau PIHPS menyasar konsumen, sistem informasi harga komoditas yang ini untuk tingkat produsen, seperti petani karet atau sawit agar mereka tahu harga yang sebetulnya berapa sehingga dapat harga yang layak dari pengepul,”katanya, Selasa (17/6/2013).

Menurut Rosman, penyediaan informasi harga ini juga akan berguna bagia penguatan akses keuangan (financial inclusion) bagi pelaku ekonomi di daerah.

"Jika hal ini berjalan dengan baik maka akan mendukung rencana pemerintah menerapkan bank tanpa kantor yang merupakan bagian dari strategi financial inclusion," ujarnya.

Secara teknis, tambah Rosman,  informasi mengenai kondisi pasar direncanakan dapat diakses masyarakat melalui layanan pesan singkat dengan memanfaatkan telepon seluler.

BI tidak menampik bahwa model informasi ini sebetulnya sudah diterapkan oleh pemerintah daerah dan lembaga terkait, seperti penyediaan informasi harga karet oleh Balai Penelitian Sembawa dan Dinas Perkebunan Sumsel.

Dia mengatakan  fasilitas baru yang akan dikeluarkan BI itu dibuat lebih lengkap dengan melampirkan data sampai tingkat nasional.

“Harapannya melalui informasi itu maka pelaku bisnis di daerah terpencil dapat mengambil keputusan yang tepat serta tidak mudah dipermainkan para tengkulak,”katanya.

Dia melanjutkan saat ini pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak untuk membuat informasi harga komoditas tersebut, termasuk dengan kalangan petani sendiri hingga para pengusaha yang bertindak sebagai pembeli.

Seperti diketahui sebelumnya,Sumsel menjadi satu dari delapan provinsi yang masuk dalam proyek percontohan branchless banking di mana uji cobanya berlangsung pada Juni 2013 -- November 2013.

Bank Indonesia telah menunjuk Bank Mandiri sebagai bank yang menjalankan proyek itu di Sumsel yang saat ini sedang menyiapkan berbagai keperluan, seperti survei lokasi.

"Bank Mandiri sendiri akan memanfaatkan dua kawasan uji coba yakni Sumbawa (Kabupaten Banyuasin) yang dikenal sebagai sentra perkebunan karet dan Indralaya (Kabupaten Ogan Ilir) sebagai penghubung lalu lintas perdagangan menuju Kota Palembang serta memiliki juga perkebunan sawit dan karet," ujarnya.

Pemberian layanan bank tanpa kantor ini tidak dilakukan melalui kantor fisik bank atau perusahaan telekomunikasi, namun menggunakan sarana teknologi dan jasa pihak ketiga atau agen selaku unit perantara layanan keuangan (UPLK) dan sekaligus tempat penguangan tunai (TPT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper