Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIPS BERBISNIS EO: Tantangannya Cara Atur SDM

BISNIS.COM, JAKARTA— Penyiar radio dan presenter televisi, Steny Agustaf, sedang sibuk belajar bisnis. Dari usaha yang didirikannya, Evio Productions, dia belajar banyak hal. Evio Productions adalah usaha jasa penyelenggara acara, workshop produksi

BISNIS.COM, JAKARTA— Penyiar radio dan presenter televisi, Steny Agustaf, sedang sibuk belajar bisnis. Dari usaha yang didirikannya, Evio Productions, dia belajar banyak hal. Evio Productions adalah usaha jasa penyelenggara acara, workshop produksi acara, talent management and booking agentyang didirikan Steny 3 tahun silam.

Dalam perjalanannya mengembangkan Evio, mantan guru Bahasa Inggris ini belajar banyak soal pengaturan sumber daya manusia. Cara mendekati karyawan sembari mengejar penjualan merupakan dua pelajaran yang menantang baginya. Bagi Steny, memahami kebutuhan dan harapan rekan kerja tidaklah instan, perlu pendekatan khusus.

Mengatur manusia itu paling menantang. Mengapa? Karena kreativitas dan otak ada di manusia. Total ada 17 karyawan di bawah saya. Itu menantang,” kata Steny yang sering wara-wiri menjadi master of ceremony (MC) di pelbagai acara itu.

Untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan rekan-rekan kerjanya, Steny menggelar workshop setiap Sabtu. Tujuannya, berbagi ilmu. Berbagai tema dihadirkan di pelatihan itu. Mulai soal penjualan hingga membahas hubungan antara kegagalan dan inovasi.

Sembari mengembangkan sumber daya manusia, lelaki kelahiran Jakarta, 23 Agustus itu berencana mengembangkan bisnis Evio. Rencananya, pada kuartal II tahun ini Steny hendak membentuk unit bisnis basis pelatihan yang dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan sumber daya manusianya untuk menjadi MC. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu lagi merekrut MC dari luar perusahaan. Cukup mengandalkan MC internal perusahaan.

Saya sebagai MC punya kewajiiban untuk menelurkan MC-MC baru. Harus bagi-bagi ilmu dong,” ucapnya. (ltc) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper