Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENCURIAN IKAN: 5 Kapal Asing Ditangkap

BISNIS.COM, JAKARTA-- Kementerian Kelautan dan Perikanan menangkap sebanyak lima kapal asing yang melakukan tindak pidana pencurian ikan di perairan wilayah barat maupun timur Tanah AiR."Kelima kapal ini secara ilegal telah masuk wilayah perairan Indonesia

BISNIS.COM, JAKARTA-- Kementerian Kelautan dan Perikanan menangkap sebanyak lima kapal asing yang melakukan tindak pidana pencurian ikan di perairan wilayah barat maupun timur Tanah AiR.

"Kelima kapal ini secara ilegal telah masuk wilayah perairan Indonesia dan melakukan pencurian ikan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Cicip Sutardjo, Senin (20/5).

Menurut Sharif, keberhasilan operasi yang dilakukan kapal pengawasan KKP merupakan bukti bahwa aktivitas pencurian ikan oleh kapal ikan asing masih sering terjadi.

Ia menegaskan  praktek pencurian ikan ilegal sangat merugikan nelayan Indonesia bahkan mengancam keberlanjutan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan di perairan Indonesia.

"'Illegal fishing' dan 'destructive fishing' harus dipandang sebagai 'extraordinary crime' (kejahatan luar biasa) karena secara nyata telah mengakibatkan kerusakan sumber daya kelautan dan perikanan," katanya.

Praktek tersebut,  lanjutnya, menyebabkan kerugian sangat besar di bidang sosial dan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP Syahrin Abdurrahman mengatakan, kelima kapal ikan asing itu tertangkap saat operasi rutin.

Dia  memaparkan pada operasi di wilayah barat tanggal 16 Mei 2013, kapal pengawas KKP berhasil menangkap satu kapal ikan berbendera Malaysia di perairan Selat Malaka. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper