Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOMPETISI SAINS: 5 Pelajar Indonesia Bersaing di ISEF 2013

130515_isef 2013-ok (intel.com-yus).jpgBISNIS.COM, PHOENIX, Arizona-Lima pelajar Indonesia yang terbagi dalam 3 kelompok berkompetisi dengan 1.600 pelajar lain dari 70 negara dalam Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) 2013.

130515_isef 2013-ok (intel.com-yus).jpg

BISNIS.COM, PHOENIX, Arizona-Lima pelajar Indonesia yang terbagi dalam 3 kelompok berkompetisi dengan 1.600 pelajar lain dari 70 negara dalam Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) 2013.

Kelompok pertama merupakan siswa dari SMA Tarsisius 1 Jakarta--Jovita Nathalina, Maria C.M. Lestari dan Rosinta Handinata--yang mengajukan paper mengenai materi interakti pembelajaran soal  terumbu karang.

Kelompok kedua dari SMA 63 Jakarta, yang diwakili Hani Devinta Sari, yang meneliti pemanfaatan ekstrak bunga telang sebagai bahan pembuatan indikator penguji zat formalin dalam makanan.

Terakhir, Indonesia diwakili oleh M. Imadudin Siddq, pelajar SMIT Insantama Bogor yang melakukan penelitian pemanfaatan cangkang telur sebagi materi pembuatan wadah makanan yang anti semut.

Pada ISEF 2012, pelajar Indonesia Muhammad Luthfi Nurfakhri, siswa kelas XI SMA 1 Bogor, mampu menggondol juara tiga.

ISEF merupakan kompetisi tahunan antar pelajar sekolah menengah yang digelar oleh Society for Sciency & The Public.

 

Semenjak 1997, Intel menjadi penyokong utama kegiatan inovatif tersebut.Para pelajar tersebut berkompetisi meraih penghargaan total senilai US$3 juta dalam bentuk beasiswa dan hibah dana kuliah.

 

Menurut Deva Rachman, Director of Public Affairs Intel Indonesia, ISEF dilakukan untuk mendorong semangat generasi muda untuk mempelajari matematika dan sains, yang merupakan landasan utama kemajuan ekonomi global.

"Lewat ISEF, Intel menghargai semangat para pelajar untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas individu berbakat dari seluruh dunia. Kami yakin mereka akan terus mengaplikasikan bakat mereka dalam mengatasi tantangan besar di masa mendatang." (yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Y. Bayu Widagdo
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper