Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELUANG BISNIS Ini Makin menjanjikan di Indramayu

BISNIS.COM, INDRAMAYU--Ekspor tulang ikan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tujuan China dan Korea dalam beberapa tahun terakhir semakin meningkat sehingga menggairahkan usaha para pengolah tulang ikan.Murdianto, salah seorang perajin olahan tulang

BISNIS.COM, INDRAMAYU--Ekspor tulang ikan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tujuan China dan Korea dalam beberapa tahun terakhir semakin meningkat sehingga menggairahkan usaha para pengolah tulang ikan.

Murdianto, salah seorang perajin olahan tulang ikan di Indramayu, Senin (29/4/2013), mengatakan, kini permintaan ekspor tulang ikan tujuan China dan Korea terus mengalami peningkatan.

Karena itu, usaha olahan limbah tersebut semakin diminati oleh masyarakat Pantura Kabupaten Indramayu.

Sebelumnya hanya beberapa warga yang mengolah limbah tulang ikan tersebut, kata dia, kini mereka harus bersaing untuk mendapatkan bahan baku, supaya mampu memenuhi pesanan ekspor untuk China dan Korea.

Dikatakannya, harga tulang ikan sudah siap jual sekitar Rp40 ribu per kilogram, kata dia, sangat menguntungkan perajin, jika pasokan bahan baku dari nelayan tradisional terpenuhi. Kendalanya bahan baku tersebut masih mengandalkan hasil tangkapan.

Yitno, perajin olahan tulang ikan lain mengaku, kini usaha pengolahan tulang ikan untuk memenuhi permintaan pasar ekspor China dan Korea, semakin menjamur sebelumnya hanya beberapa perajin yang memanfaatkan tulang ikan tersebut.

Permintaan tulang ikan kiriman China dan Korea, kata dia, cukup tinggi meski jumlah perajin bertambah permintaan sulit terpenuhi, terutama saat cuaca buruk pasokan bahan baku terhambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Others
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper