WISATA KOTA BATU: Stadion Dipercantik, Pemkot Gelontorkan Rp15 Miliar

BISNIS.COM, BATU--Pemkot Batu Jawa Timur bakal segera merenovasi stadion miliknya untuk mendukung upaya menjadikan Kota Batu sebagai tujuan pariwisata berskala internasional.
M. Sofi’I
M. Sofi’I - Bisnis.com 23 April 2013  |  20:00 WIB

BISNIS.COM, BATU--Pemkot Batu Jawa Timur bakal segera merenovasi stadion miliknya untuk mendukung upaya menjadikan Kota Batu sebagai tujuan pariwisata berskala internasional.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Batu Susetyo Herawan mengatakan renovasi yang dilakukan tersebut bukan sekadar wacana untuk mewujudkan Batu sebagai kota wisata berskala internasional.

“Ini bukan sekadar wacana dan akan segera direalisasikan pada perubahan anggaran khusus (PAK) tahun ini juga,” kata Susetya, Selasa (23/4/2013).

Setidaknya untuk renovasi tersebut dibutuhkan anggaran sebesar Rp 15 miliar. Secara teknis pelaksana renovasi akan ditangani oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DKCTR).

Saat ini kapasitas tampung Stadion Gelora Brantas sekitar 5.000 orang. Melalui renovasi tersebut nantinya kapasitas stadion kebanggaan warga Batu tersebut mampu menampung sebanyak 10.000-15.000 penonton.

Selain itu tribun utama stadion juga akan diperluas. Dengan ebgitu sewaktu ada kegiatan olahraga maupun pemerintahan seperti upacara dan lainnya mampu menampung penonton dalam jumlah besar.

“Lapangan juga akan ditanami rumput sesuai dengan standar FIFA. Jadi bisa digunakan sebagai venues tim sepakbola berkelas nasional bahkan internasional,” jelas dia.

Dengan menjadi tempat pertandingan bagi tim-tim nasional secara otomatis keberadaan Batu akan semakin terangkat dan diakui. Karena sepakbola merupakan media efektif sebagai ajang promosi bagi daerah.

“Stadion dan Gedung Olah Raga (GOR) Ganesha ditargetkan mampu menyumpang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp100 juta per tahun,” ujarnya.

Stadion Gelora Brantas dibangun pada 1983 sewaktu Batu masih bergabung dengan Kabupaten Malang. Pada era otonomi daerah (otoda) pemkot sudah melakukan renovasi stadion sebanyak dua kali.

Yakni pada era Walikota (Alm) Imam Kabul dengan penambahan ruangan rapat di dekat tribun utama. Renovasi kedua dilakukan di era Walikota Eddy Rumpoko yakni penambahan pagar dan perbaikan rumput lapangan.

“Sedangkan ke depan selain bakal ditingkatkan daya tampungnya stadion juga akan dilengkapi lampu stadion,” papar dia.

Upaya lain yang dilakukan Pemkot Batu untuk mendukung realisiasi sebagai kota wisata berskala internasional kawasan stadion luar juga telah direvitalisasi menjadi taman hutan kota. Foto: Ilustrasi

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kota, wisata, batu, kota batu, wisata kota batu

Editor : Yoseph Pencawan - nonaktif

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top