Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

LIMBAH ROKOK: 2 Pabrik Diperiksa Bapedal Batam, Nama Dirahasiakan

BISNIS.COM, BATAM--Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Pemerintah Kota Batam memeriksa dua perusahaan rokok di kawasan ini menyusul munculnya dua ton limbah rokok di salah satu pemukiman warga.
Chandra Gunawan
Chandra Gunawan - Bisnis.com 11 April 2013  |  13:55 WIB
LIMBAH ROKOK: 2 Pabrik Diperiksa Bapedal Batam, Nama Dirahasiakan
Bagikan

BISNIS.COM, BATAM--Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Pemerintah Kota Batam memeriksa dua perusahaan rokok di kawasan ini menyusul munculnya dua ton limbah rokok di salah satu pemukiman warga.

Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Batam Dendi Purnomo mengungkapkan proses penyelidikan tersebut hingga kini belum selesai untuk mendeteksi perusahaan yang harus bertanggungjawab atas pembuangan limbah di kawasan Piayu laut Kecamatan Sei Beduk Kota Batam.

"Kami baru memeriksa dua perusahaan yang ada di Batam. Belum bisa dipastikan siapa yang membuang limbah disana," katanya, Kamis (11/4/2013).

Menurutnya saat ini pihak Bapedalda sudah memasang garis larangan bagi warga untuk melintas di kawasan tersebut yang terdapat sekitar dua ton limbah rokok.

Bapedalda akan memverifikasi limbah rokok tersebut untuk menentukan asal jenis limbah kemudian disesuaikan dengan produk rokok dari dua perusahaan rokok tersebut.

Adapun berdasarkan data Bapedalda terdapat tiga perusahaan rokok di Batam. Namun Dendi enggan menyebutkan nama-nama perusahaan tersebut

"Kalau jumlah perusahaan rokok ratusan saya sebutkan. Tapi, ini hanya tiga. Kalau sebutkan dua, pasti ketahuaan dong yang satunya. Yang jelas, perusahaan tersebut dikawasan Batam Centre. Tapi belum kami cek," paparnya.

Sebelumnya, Bapedalda Kota Batam menyegel limbah rokok yang dibuang secara sembarangan di Piayu Laut, Seibeduk.

Limbah yang terdiri dari abu, tembakau, kapas rokok merk John yang diproduksi di Kawasan Tunas Batam Center dan dipasarkan sesuai dengan bungkus rokok yang bertuliskan oleh Volcan Tobacco Sdn. Bhd, Jalan Betai, Pantai Dalam Light. Ind. Area,41200 Klang Selangor.

Pembuangan limbah rokok itu telah berlangsung lama. Informasi menyebutkan limbah itu dibuang sejak setahun lalu oleh sebuah perusahaan rokok dan dibiarkan begitu saja tanpa memperhatikan dampak lingkungan.(k17/yop) Foto: Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam Harga Rokok limbah rokok limbah
Editor : Yoseph Pencawan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top