Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GANTI BAJU PARTAI: Laode Ida Pilih PAN, Effendi Choirie Merapat ke Nasdem

BISNIS.COM, JAKARTA—Fenomena pindah partai tidak saja melanda anggota  parlemen, namun juga terjadi di tingkat pimpinan.  Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Laode Ida  menyatakan merapat  ke Partai Amanat Nasional (PAN) 

BISNIS.COM, JAKARTA—Fenomena pindah partai tidak saja melanda anggota  parlemen, namun juga terjadi di tingkat pimpinan.  Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Laode Ida  menyatakan merapat  ke Partai Amanat Nasional (PAN)  dan  Effendi Choirie masuk Partai Nasdem setelah dipecat daro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Laode memastikan bergabung dengan partai perintis reformasi itu setelah lebih dari tiga partai sebelumnya menawari dirinya untuk bergabung. Laode yang sudah dua periode berada di DPD berasal dari daerah pemilihan Sulawesi Tenggara.

“Lebih dari tiga partai yang menawari saya masuk, tapi saya pilih PAN. Tapi, saya tetap di DPD sampai 2014,” tandas Laode Ida pada wartawan, Selasa (9/4).

Pernyataan itu disampaikannya bersama sejumlah politisi lainnya yang menyatakan pindah partai. Pada kesempatan yang sama mantan Anggota Komisi I DPR Effendi Chorie (PKB) juga mengumumkan pindah ke Partai Nasdem. Effendi tidak sendiri ke Nasdem karena juga disertai Hermawi F. Taslim dan Yos Rahawadan. Sedangkan aktivis GMNI, Riyad Oscha menyatakan bergabung dengan PDI Perjuangan.

Kendati pindah ke PAN Laode mengaku tidak akan mengubah keinginanya untuk memperjuangkan kesejahteraan dan kepentingan rakyat, serta akan terus mendukung kekuatan DPD. Dia juga tetap mendukung amendemen UUD 45 yang kelima setelah berjaung menjadi anggota DPR guna memperbaiki  sistem ketatanegaraan.

“Sebenarnya saya masih betah di DPD, tapi ketika mendapat tawaran dari AM Fatwa (pendiri PAN), maka terjadi ketegangan dalam diri saya dan akhirnya PAN yang saya pilih,” tutur Laode.

Effendi Choirie yang akrab disapa Gus Choi menjelaskan bahwa setelah dipecat dari PKB awal Maret 2013 lalu, dirinya mencoba bertahan di PKB selama dua tahun. Akan tetapi akibat persekongkolan dengan penguasa, ujarnya, dirinya tetap dipecat oleh Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

“Perjuangan tak boleh berhenti tapi harus dilanjutkan dan alatnya partai Nasdem.  Langkah ini bukan berarti kutu loncat, karena sebelumnya saya dipecat,” tambahnya.

Adapun Yos Rahawadan sebelumnya pernah menjadi anggota DPR dari Partai Katholik Nasional, dan dua periode mewakili PDS (1999-2009) di DPR. Baik Gus Choi, Riyad, Hermawi dan Yos adalah sama-sama sebagai alumni kelompok Cipayung. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Others
Sumber : John Andi Oktaveri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper