Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KONFLIK KOREA: Dekati Pyongyang, Swiss Berupaya Redam Ketegangan

BISNIS.COM, ZURICH­­-Ditengah memanasnya konflik di Semenanjung Korea, Pemerintah Swiss menawarkan upaya mediasi dengan Korea Utara pasca penjatuhan sanksi oleh PBB atas tuduhan uji coba senjata nuklir pada Februari 2013.
News Writer
News Writer - Bisnis.com 08 April 2013  |  09:24 WIB

BISNIS.COM, ZURICH­­-Ditengah memanasnya konflik di Semenanjung Korea, Pemerintah Swiss menawarkan upaya mediasi dengan Korea Utara pasca penjatuhan sanksi oleh PBB atas tuduhan uji coba senjata nuklir pada Februari 2013.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Swiss mengatakan bahwa pihaknya baru-baru ini menemui otoritas Korut guna membahas tawaran mediasi. Namun, hingga saat ini masih belum ada pembicaraan lebih lanjut.

“Swiss memiliki itikad baik untuk berkontribusi dalam meredakan ketegangan di Semenanjung Korea dan selalu bersedia membantu membicarakan solusi, apabila kedua pihak menghendaki, semisal dengan menyelenggarakan mediasi antara keduanya.”

Dalam beberapa minggu terakhir, Korut telah melancarkan sejumlah ancaman dan menyatakan “keadaan perang” melawan Korea Selatan dan Amerika Serikat. Korut juga meminta para diplomat asing untuk hengkang dari Pyongyang pada Jumat (5/4/2013).

Sebelum menawarkan diri sebagai mediator bagi Korut, Swiss telah dikenal sebagai pelerai beberapa konflik internasional ataupun menjadi tempat tujuan pembicaraan kesepakatan damai.

Swiss, dalam beberapa tahun terakhir, telah membantu terwujudnya resolusi konflik berkepanjangan antara Armenia dan Turki. Negara tersebut juga turut serta dalam 15 upaya perdamaian lain dalam 7 tahun terakhir. Termasuk diantaranya adalah konflik Sudan, Kolombia, Sri Lanka, Uganda dan Nepal. (Antara)

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika konflik nuklir Korea Utara swiss korea selatan mediasi

Sumber : Wike Dita Herlinda

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top