Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

USAHA RITEL : Kontribusi Minimarket & Convenience Store Meningkat

BISNIS.COM, JAKARTA—Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia (AP3MI)  mempekirakan kontribusi produk dari kalangan pemasok akan makin besar ke minimarket dan convenience store, sejalan dengan tumbuh pesatnya gerai  skala terkecil
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 02 April 2013  |  15:20 WIB
USAHA RITEL : Kontribusi Minimarket & Convenience Store Meningkat
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia (AP3MI)  mempekirakan kontribusi produk dari kalangan pemasok akan makin besar ke minimarket dan convenience store, sejalan dengan tumbuh pesatnya gerai  skala terkecil di format toko modern tersebut.

Ketua Umum AP3MI Susanto mencontohkan produk  makanan yang didistribusikannya ke format minimarket dan convenience store telah mengalami kenaikan 10% dibandingkan periode sama tahun 2011, sejalan dengan bertambahnya gerai tersebut di sejumlah kota besar di Indonesia.

“Kontribusi [ke minimarket dan convenience store] akan makin besar.” Kata Susanto saat dihubungi melalui telepon genggamnya hari ini, Selasa (2/4/2013).

Kalangan  produsen, ujarnya, juga  suka mendistribusikan produknya ke format kecil seperti minimarket yang  didukung dengan sistem pergudangan yang mampu memasok barang ke gerainya yang mencapai ribuan jumlahnya, dan tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Konsumen, tambahnya, juga  makin suka belanja di minimarket yang   biasanya lokasinya lebih dekat ke rumah tinggal mereka daripada harus berbelanja  di format toko modern lainnya seperti  supermarket dan hipermarket yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari.

“Tren [pertumbuhan gerai modern saat ini lebih ke] convenience store,” kata Susanto.

Seperti diketahui  gerai minimarket dan convenience store di dalam negeri terus bertambah. Untuk convenience store yang merupakan gerai modern seperti minimarket namun lebih banyak menjual makanan dan minuman siap saji, dari data Nielsen Indonesia menunjukkan peningkatan toko yang signifikan.

Data Nielsen Indonesia  menunjukkan jumlah gerai convenience store pada tahun 2009 yang sebesar 479 toko di Indonesia, menjadi 887  gerai pada tahun 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minimarket convenience store

Sumber : Linda T. Silitonga

Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top