Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

USAHA RITEL : Kontribusi Minimarket & Convenience Store Meningkat

BISNIS.COM, JAKARTA—Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia (AP3MI)  mempekirakan kontribusi produk dari kalangan pemasok akan makin besar ke minimarket dan convenience store, sejalan dengan tumbuh pesatnya gerai  skala terkecil

BISNIS.COM, JAKARTA—Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia (AP3MI)  mempekirakan kontribusi produk dari kalangan pemasok akan makin besar ke minimarket dan convenience store, sejalan dengan tumbuh pesatnya gerai  skala terkecil di format toko modern tersebut.

Ketua Umum AP3MI Susanto mencontohkan produk  makanan yang didistribusikannya ke format minimarket dan convenience store telah mengalami kenaikan 10% dibandingkan periode sama tahun 2011, sejalan dengan bertambahnya gerai tersebut di sejumlah kota besar di Indonesia.

“Kontribusi [ke minimarket dan convenience store] akan makin besar.” Kata Susanto saat dihubungi melalui telepon genggamnya hari ini, Selasa (2/4/2013).

Kalangan  produsen, ujarnya, juga  suka mendistribusikan produknya ke format kecil seperti minimarket yang  didukung dengan sistem pergudangan yang mampu memasok barang ke gerainya yang mencapai ribuan jumlahnya, dan tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Konsumen, tambahnya, juga  makin suka belanja di minimarket yang   biasanya lokasinya lebih dekat ke rumah tinggal mereka daripada harus berbelanja  di format toko modern lainnya seperti  supermarket dan hipermarket yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari.

“Tren [pertumbuhan gerai modern saat ini lebih ke] convenience store,” kata Susanto.

Seperti diketahui  gerai minimarket dan convenience store di dalam negeri terus bertambah. Untuk convenience store yang merupakan gerai modern seperti minimarket namun lebih banyak menjual makanan dan minuman siap saji, dari data Nielsen Indonesia menunjukkan peningkatan toko yang signifikan.

Data Nielsen Indonesia  menunjukkan jumlah gerai convenience store pada tahun 2009 yang sebesar 479 toko di Indonesia, menjadi 887  gerai pada tahun 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Others
Sumber : Linda T. Silitonga
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper