Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AMERIKA Serukan Peningkatan Hubungan Lintas Antlantik

BERLIN: Wakil Presiden AmerIka Serikat Joe Biden pada Sabtu menyerukan peningkatan hubungan lintas AAtlantik dan menegaskan Eropa masih tetap "landasan" dari perjanjian internasional Amerika Serikat.Saat berpidato dalam pertemuan dengan pejabat tinggi,

BERLIN: Wakil Presiden AmerIka Serikat Joe Biden pada Sabtu menyerukan peningkatan hubungan lintas AAtlantik dan menegaskan Eropa masih tetap "landasan" dari perjanjian internasional Amerika Serikat.

Saat berpidato dalam pertemuan dengan pejabat tinggi, menteri dan jajaran penting militer pada hari kedua Konferensi Keamanan Munich, Biden berusaha menghilangkan kehawatiran bahwa AS mengalihkan perhatian dari Eropa.

"Presiden (Barack) Obama dan Saya tetap yakin bahwa Eropa adalah landasan perjanjian kami dengan negara-negara dan adalah katalisator bagi kerja sama global kami," katanya.

"Itu adalah landasan. Tidak ada yang berubah," katanya.

Tetapi Biden mendesak Eropa meningkatkan kerja sama dengan AS di kawasan Asia-Pasifik.

"Garis dasar adalah AS, Eropa, kita semua memiliki satu kepentingan khusus dan penting di kawasan Asia-Pasifik yang damai dan berkembang," kata Biden.

"Kita harus meningkatkan kerja sama kita, memajukan kepentingan itu, bergerak maju bersama." Pemerintah Obama secara terbuka mengumumkan diplomasi luar negerinya dalam tahun-tahun belakangan ini.

Berbicara setelah Biden, Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen menyatakan kecemasannya atas adanya satu "perbedaan tajam" dalam pengeluaran bagi pertahanan.

"Dalam sepuluh tahun sejak 2001,saham AS untuk pengeluaran pertahanan NATO meningkat dari 63 persen menjadi 72 persen. Kendatipun dalam beberapa tahun lalu, seluruhnya kecuali tiga sekutu Eropa mengurangi anggaran pertahanan mereka, dalam beberapa kasus mencapai 20 persen," katanya.

Membuka konferensi yang akan berlangsung sampai Ahad, Menteri Pertahanan Jerman Thomas de Maiziere Jumat mengatakan ia optimistik bahwa AS dan Eropa dapat saling mengandalkan dan harus dapat melakukan itu kendatipun dua kawasan itu mulai mengalihkan perhatian terhadap Asia.

"Bagi AS, Eropa mungkin tidak merupakan mitra terbaik di dunia tetapi tanpa diragukan adalah mitra kemungkinan terbaik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Others
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper