Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

AMERIKA Serukan Peningkatan Hubungan Lintas Antlantik

BERLIN: Wakil Presiden AmerIka Serikat Joe Biden pada Sabtu menyerukan peningkatan hubungan lintas AAtlantik dan menegaskan Eropa masih tetap "landasan" dari perjanjian internasional Amerika Serikat.Saat berpidato dalam pertemuan dengan pejabat tinggi,
News Writer
News Writer - Bisnis.com 03 Februari 2013  |  09:48 WIB

BERLIN: Wakil Presiden AmerIka Serikat Joe Biden pada Sabtu menyerukan peningkatan hubungan lintas AAtlantik dan menegaskan Eropa masih tetap "landasan" dari perjanjian internasional Amerika Serikat.

Saat berpidato dalam pertemuan dengan pejabat tinggi, menteri dan jajaran penting militer pada hari kedua Konferensi Keamanan Munich, Biden berusaha menghilangkan kehawatiran bahwa AS mengalihkan perhatian dari Eropa.

"Presiden (Barack) Obama dan Saya tetap yakin bahwa Eropa adalah landasan perjanjian kami dengan negara-negara dan adalah katalisator bagi kerja sama global kami," katanya.

"Itu adalah landasan. Tidak ada yang berubah," katanya.

Tetapi Biden mendesak Eropa meningkatkan kerja sama dengan AS di kawasan Asia-Pasifik.

"Garis dasar adalah AS, Eropa, kita semua memiliki satu kepentingan khusus dan penting di kawasan Asia-Pasifik yang damai dan berkembang," kata Biden.

"Kita harus meningkatkan kerja sama kita, memajukan kepentingan itu, bergerak maju bersama." Pemerintah Obama secara terbuka mengumumkan diplomasi luar negerinya dalam tahun-tahun belakangan ini.

Berbicara setelah Biden, Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen menyatakan kecemasannya atas adanya satu "perbedaan tajam" dalam pengeluaran bagi pertahanan.

"Dalam sepuluh tahun sejak 2001,saham AS untuk pengeluaran pertahanan NATO meningkat dari 63 persen menjadi 72 persen. Kendatipun dalam beberapa tahun lalu, seluruhnya kecuali tiga sekutu Eropa mengurangi anggaran pertahanan mereka, dalam beberapa kasus mencapai 20 persen," katanya.

Membuka konferensi yang akan berlangsung sampai Ahad, Menteri Pertahanan Jerman Thomas de Maiziere Jumat mengatakan ia optimistik bahwa AS dan Eropa dapat saling mengandalkan dan harus dapat melakukan itu kendatipun dua kawasan itu mulai mengalihkan perhatian terhadap Asia.

"Bagi AS, Eropa mungkin tidak merupakan mitra terbaik di dunia tetapi tanpa diragukan adalah mitra kemungkinan terbaik," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

joe bidden barack obama amerika nato eropa

Sumber : Antara

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top