Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GARUDA Incar Pertumbuhan Kargo 10% di Bandara Sepinggan

BALIKPAPAN: Kantor Cabang Balikpapan PT Garuda Indonesia Tbk   menargetkan pertumbuhan load factor layanan kargo sebesar 10%,  pasca beroperasinya   Cargo Service Centre (CSC) di Bandara Sepinggan yang menjadi lokasi kantor ke-10

BALIKPAPAN: Kantor Cabang Balikpapan PT Garuda Indonesia Tbk   menargetkan pertumbuhan load factor layanan kargo sebesar 10%,  pasca beroperasinya   Cargo Service Centre (CSC) di Bandara Sepinggan yang menjadi lokasi kantor ke-10 di Indonesia.

Manager Cargo Domestic Reservation & Revenue Optimizer PT Garuda Indonesia Tbk Sartono mengatakan pertumbuhan load factor tersebut akan mendorong realisasi target perolehan pendapatan dari bisnis kargo secara nasional yang dipatok sebesar US$242 juta pada 2012. Dia menyebutkan pendapatan tersebut bisa terealisasi dengan load factor sekitar 51,1%.

“Kalau untuk Balikpapan memang baru mencapai 40% load factor-nya. Perkiraannya bisa bertumbuh mulai 5%-10% pasca beroperasinya CSC [Cargo Service Centre] ini,” ujarnya usai peresmian kantor tersebut hari ini, Kamis (6/9/2012).

Hingga kini, realisasi target secara nasional hingga Agustus telah mencapai 80% dari US$242 juta. Sebelumnya, realisasi penerimaan pendapatan Garuda dari bisnis kargo pada 2011 mencapai US$193 juta.

Manager Cargo Sales Kalimantan SBU Garuda Cargo Repy Heriyawan mengatakan rerata pengiriman kargo untuk pengiriman domestik mampu mencapai 200 ton per bulan. Dia menjelaskan komoditas kelautan dan general consumers menjadi dua jenis barang yang berkontribusi cukup besar.

“Selain itu, pengiriman sampel barang pertambangan untuk diuji di tempat lain juga sering menggunakan angkutan kargo kami seperti batubara, minyak dan lainnya,” tambahnya.

Adapun untuk pengiriman ekspor, Repy menyebutkan rerata pengiriman mencapai 40 ton per bulan. Negara tujuannya diakuinya masih terbatas, seperti Hongkong, Kuala Lumpur dan Singapura, karena ada pasar yang telah dimiliki oleh mitra Garuda.  (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arma Editor
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper