Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TWITTER ULAMA: Ulama NU ternyata lebih hobby nge-tweet daripada Muhammadiyah

JAKARTA: Ternyata, ulama di Indonesia, terutama dari dua organisasi Islam terbesar, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, tak seperti penampilannya yang bersahaja, tetapi mereka juga mengikuti perkembangan teknologi informasi terkini, diantaranya aktif di

JAKARTA: Ternyata, ulama di Indonesia, terutama dari dua organisasi Islam terbesar, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, tak seperti penampilannya yang bersahaja, tetapi mereka juga mengikuti perkembangan teknologi informasi terkini, diantaranya aktif di social media, yaitu twitter.Lewat twitter, mereka selain menyampaikan petuah-petuah bijak dan mensyiarkan ilmu Islam, juga menyampaikan seputar perkembangan sosial kemasyarakatan dan negara terkini.Sejumlah ulama dan pengurus NU memiliki akun twitter, seperti KH Mustofa Bisri lewat akun @gusmusgusmu. Meski banyak juga akun twitter yang seolah milik Musthofa Bisri, tapi akun yang asli adalah @gusmusgusmu.Melalui akun tersebut, Musthofa Bisri membukukan 8.222 tweet, 322 following, dan 100.075 follower. Jumlah yang cukup fantastis.Dalam profil akunnya, Mustofa mengungkapkan "orang bodoh yang tak kunjung pandai" Tokoh NU lainnya yang sangat aktif berkicau di twitter adalah Alissa Wahid lewat akun @AlissaWahid. Akun tersebut memiliki 45.088 tweet, 828 following, dan 36.529 follower.Khofifah Indar Parawansa juga luamayan aktif nge-tweet, yaitu 49 tweet, 6 following, dan 866 follower. Kebanyakan linimasa akun Khofifah berisi perkembangan sosial dan politik.Tak ketinggalan, Ketua PBNU KH Said Aqil Siroj juga memiliki akun twitter. Tidak main-main, followernya sudah mencapai 19.774 dan following-nya 30. Adapun catatan tweetnya sudah 279 kali. Kebanyakan isi time-line nya adalah menyikapi berbagai perkembangan di tengah masyarakat dari sudut pandang NU.Sementara itu, ulama dan pengurus Muhammadiyah yang aktif nge-tweet adalah ketua umum-nya, KH M. Din Syamsuddin. Akun @mdinsyamsuddin membukukan 345 tweet, 202 following, dan 10.446 follower.Cukup banyak juga akun twitter yang mengatasnamakan mantan ketua Muhamamdiyah AMien Rais tapi semuanya ternyata palsu.DI luar kedua organisasi Islam tersebut, ulama lainnya KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym juga sangat aktif berkicau di twitter. AKun @aagym sudah mencetak 6.061 tweet, 43 following, dan 373.894 follower. JUmlah yang cukup fantastis.(api)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper