Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

 

JAKARTA: Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta masih menunggu pemutakhiran daftar penduduk potensi pemilih pemilu dari 7,4 juta wajib kartu tanda penduduk yang ada di 5 wilayah kota administrasi dan 1 kabupaten di Ibu Kota.

 

Ketua Pokja Pendataan Pemilih Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Aminullah mengatakan pihaknya baru menerima pemutakhiran daftar penduduk potensi pemilih pemilu (DP4) dari 2 kota administrasi dan satu kabupaten administrasi.

 

“Kami baru menerima daftar penduduk potensi pemilih pemilu dari Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Kepuluan Seribu, sementara sisanya tiga wilayah kota lainnya yang belum lengkap menyerahkan data adalah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara,” katanya di Jakarta, Jumat, 13 April 2012.

 

Menurutnya DP4 yang telah diterima dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta mencapai 7,4 juta wajib kartu tanda penduduk (KTP) untuk selanjutnya dilakukan pemutakhiran guna mencocokkan data tersebut, serta mencoret nama-nama warga yang meninggal atau sebagai anggota TNI/Polri.

 

Dia menjelaskan KPU DKI Jakarta mencatat data pemilih sementara (DPS) yang telah diserahkan yakni dari Jakarta Pusat sebanyak 793.253 DPS dengan 1.714 tempat pemungutan suara (TPS) dari 843.457 DP4.

 

Selanjutnya dari Jakarta Barat sebanyak 1.471.539 DPS dengan 3.320 TPS dari 1.686.297 DP4 dan di Kepulauan Seribu mencapai 16.609 DPS dengan 44 TPS dari 17.560 DP4. 

 

"Kami sudah jemput bola agar secepatnya diserahkan, dan kami masih memberikan kesempatan kepada seluruh kelurahan yang belum melengkapi daftar penduduk potensi pemilih pemilu,” ujarnya. 

 

Aminullah menjelaskan KPU DKI Jakarta belum menerima 5 kelurahan di Jakarta Utara, 11 kelurahan di Jakarta Selatan, dan 13 kelurahan di Jakarta Timur. Adapun pemutakhiran data itu dilakukan oleh 15.021 panitia pemungutan suara (PPS) pada 14 Maret 2012 hingga 12 April 2012.

 

Menurutnya, setelah pengumuman DPS, masyarakat masih memiliki kesempatan untuk melihat apakah namanya tercantum dalam DPS sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) hingga 22 Mei 2012.(msb)

>>BACA JUGA:

*) PILKADA DKI: Pemutakhiran Data Penduduk Rampung

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Nurudin Abdullah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper