PARIWISATA: Asita Kaltim rangkul DPD Asita suluruh Indonesia

 
Arma Editor | 08 April 2012 15:31 WIB

 

BALIKPAPAN: Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Kalimantan Timur akan menyepakati kerja sama atau MoU  (memorandum of understanding) dengan DPD Asita seluruh Indonesia guna bersinergi dalam kegiatan promosi pariwisata.
 
Ketua DPD Asita Kaltim Joko Purwanto mengatakan penandatanganan kesepakatan tersebut rencananya akan dilakukan pada 28 April mendatang. 
 
“Kami ingin bersinergi dengan daerah lain untuk mengefektifkan promosi wisata Kaltim,” ujarnya kepada Bisnis hari ini. 
 
Joko menambahkan kerja sama ini akan saling mendukung arus wisatawan ke masing-masing daerah sehingga akan ada penguatan promosi dalam negeri. Dia mengatakan penguatan promosi dalam negeri akan meningkatkan jumlah kunjungan dalam negeri yang mulai tersaingi dengan negara luar.
 
Kesepakatan ini juga akan dilakukan dengan DPD Asita Sulawesi Selatan yang sebelumnya berniat melakukan penjajakan kerja sama.
 
Direktur Eksekutif Badan Pengembangan dan Promosi Pariwisata Makassar (BP3M) Nico B. Pasaka mengatakan warga Sulsel yang ada di Kalimantan Timur saat ini sudah mencapai 3,5 juta jiwa. 
 
“Bayangkan saja jika pasar ini kita kemas dalam bentuk program wisata mudik. Berapa besar pasar yang kita serap kalau paket itu ditawarkan ke travel di sana, belum lagi warga Kaltim yang berminat ke daerah ini,” ujarnya.
 
Nico B. Pasaka yang juga penasehat DPD Asita Sulsel menjelaskan BP3M akan membawa perusahaan biro perjalanan wisata dan perwakilan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel untuk melakukan temu bisnis dengan pelaku industri Kalimantan Timur.
 
Sampai akhir 2011, total kunjungan wisatawan domestik ke Kaltim mencapai 300.000 kunjungan. Sementara, wisatawan mancanegara mencapai 20.000 kunjungan.
 
Joko menargetkan pada 2012 akan ada pertumbuhan jumlah kunjungan sehingga total kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara masing-masing mencapai 400.000 kunjungan dan 50.000 kunjungan.
 
Kunjungan meningkat
 
Sementara itu, jumlah kunjungan ke Pantai Manggar Balikpapan mengalami peningkatan jumlah kunjungan ketika momen libur panjang akhir pekan ini hingga sekitar 2.000 orang dibandingkan hari biasa yanghanya mencapai 1.800 orang.
 
“Memang cukup ramai. Momen seperti ini biasa terjadi kalau ada libur akhir pekan,” ujar Purwanto, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pantai Manggar.
 
Pengunjung obyek wisata yang terletak di timur Balikpapan itu tak hanya berasal dari Balikpapan saja, tetapi juga daerah sekitar Balikpapan seperti Samarinda, Penajam Paser Utara, dan Tenggarong.
 
Namun, dia belum bisa mencatat jumlah pengunjung yang masuk hari ini. Dia memperkirakan ada sekitar 3.500 pengunjung hingga 4.000 pengunjung yang akan memadati pantai tersebut. (sut) 

Tag :
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top