Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

DEPOK: Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai  Kampus Terpintar di Indonesia oleh Telkom Smart Campus Award (TeSCA) 2011.

 

Penghargaan ini merupakan yang keempat kalinya sejak diselenggarakan pada tahun 2008.  UI berhasil meraih predikat kampus terpintar  pada ajang TeSCA 100 Smartest Campus  setelah menyisihkan lebih dari 355 universitas dari seluruh Indonesia.

 

Penghargaan ini diterima oleh Wakil Rektor UI Sunardji, SE, MM dan Kepala Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (PPSI) UI Prof. Dr. Riri Fitri Sari kemarin 14 Maret 2012 di Hotel Pullman Jakarta. 

 

Sebagai penanggungjawab sistem informasi dan infrastrukturnya di UI, Prof. Dr. Riri Fitri Sari mengatakan bahwa tim Teknologi Informasi di UI bahu-membahu dengan seluruh sivitas akademika UI yang semakin intensif menggunakan sistem informasi yang terintegrasi di UI untuk administrasi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

 

Tantangan berupa pengguna yang kian sophisticated, dan standar pelayanan ISO yang semakin kompleks, memerlukan inovasi terus menerus untuk melayani seluruh pemangku kepentingan mencapai kinerja yang lebih baik .

 

UI dinobatkan sebagai kampus terpintar di Indonesia atas dedikasi dan inovasinya dalam pengembangan infrastruktur kampus berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

 

Adapun indikator penilaian predikat kampus pintar versi TesCA 2011 meliputi tata kelola kampus, infrastruktur dan fasilitas, sistem dan aplikasi, informasi dan konten, serta pemangku kepentingan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di lingkup universitas.

 

Proses seleksi TeSCA dimulai dari bulan Oktober 2011 hingga Januari 2012. Proses seleksi dilakukan oleh Komite Juri dan Tim Juri yang kredibel dan independen dari para praktisi bisnis, pakar TIK, akademisi dan pemerintahan.

 

Proses penilaian dilakukan dengan melakukan pengiriman kuesioner sebagai bentuk self assessment, desk evaluation, site visit, penilaian akhir dan pemberian penghargaan.

 

Berdasarkan penilaian akhir, UI meraih peringkat tertinggi dengan total skor mencapai 4.871 diikuti Universitas Gunadarma pada peringkat kedua dengan skor 4.839 dan Universitas Bina Nusantara pada peringkat ketiga dengan skor 4.473.

 

Telkom Smart Campus Award (TESCA) merupakan rangkaian kegiatan Indigo Award yang diselenggarakan Telkom Indonesia yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perguruan tinggi atas keberhasilannya dalam menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar.

 

“Pencapaian UI dalam “TeSCA 100 Smartest Campus” merupakan langkah nyata UI dalam pengembangan infrastruktur kampus dan kegiatan akademik berwawasan global melalui pendekatan teknologi informasi yang modern,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani.

 

Untuk itu, kata Siane Indriani, UI terus mengembangkan berbagai infrastruktur teknologi informasi untuk menunjang kegiatan akademik, seperti Sistem Informasi Akademik mahasiswa yang terintegrasi (SIAK NG), Sistem Informasi Kepegawaian, Library Automation and Digital Archive, Sistem Informasi Kepakaran, Sistem Informasi Jurnal Ilmiah (SIJURI), hingga pengembangan web dan blog dosen. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Inria Zulfikar
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper