Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

BALIKPAPAN: PT XL Axiata Tbk fokus untuk menyasar bisnis layanan data di Regional Utara dengan menyediakan aplikasi yang bisa dipakai oleh semua jenis handheld selain meningkatkan performa layanan. Wilayah kerja XL Regional Utara mencakup  Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua
 
Peluncuran XL KL1K yang ditujukan untuk pengguna aplikasi Java diharapkan mampu mendongkrak jumlah pelanggan dari segmen menengah. Regional Sales Operational Manager Kalimantan 2 Herry Aji Purwanto menuturkan peningkatan jumlah pelanggan dari segmen ini sejak aplikasi XL KL1K diluncurkan mampu mencapai hingga 25%.
 
“Jumlah pelanggan kami jadi sekitar 600.000 pelanggan dari sebelumnya sekitar 500.000 pelanggan untuk Wilayah Kalimantan 2 yang meliputi Kaltim dan Kalbar. Peningkatannya berkisar antara 16% hingga 25%,” ujarnya  tadi malam.
 
Herry mengungkapkan jumlah pengguna perangkat dengan sistem operasi selain Blackberry dan Android masih menguasai komposisi pelanggan XL hingga 60%. Melalui aplikasi ini, tambah Herry, diharapkan penggunaan layanan data juga akan meningkat dari kalangan pengguna non Blackberry dan Android.
 
XL KL1K merupakan aplikasi yang dikembangkan bersama XL dan Blaast untuk mengumpulkan layanna sosial media dalam satu aplikasi. Adapula, beberapa social games yang terhubung dengan aplikasi tersebut sehingga
bisa dimainkan bersamaan.
 
Selain menggarap segmen menengah, Herry menuturkan pihaknya juga menyediakan layanan bagi segmen high end melalui kerja sama dengan Samsung. Tren penjualan handheld Samsung yang meningkat akibat booming Android diharapkan bisa memenuhi permintaan pelanggan segmen menengah atas.
 
“Seperti pelanggan Galaxy dan sejenisnya yang memerlukan layanan data berkecepatan tinggi juga akan kami tingkatkan penetrasinya,” ujarnya.
 
Untuk mendukung hal tersebut, XL sudah berkomitmen untuk berinvestasi sebesar Rp1 triliun. Rencananya, jaringan 3G di seluruh Kalimantan akan dibangun mencapai 20% dari total jumlah BTS yang mencapai 900 buah. Sekitar 500 BTS dari 900 BTS tersebut, tambah Herry, berada di Kaltim. Rencananya, Kaltim akan mendapatkan tambahan sekitar 100 BTS
3G sepanjang 2012.
 
Jumlah pelanggan untuk Regional Utara ditargetkan mencapai 3,5 juta pelanggan pada akhir 2012. Artinya, pihaknya menargetkan pertambahan jumlah pelanggan mencapai lebih dari 1 juta pelanggan sepanjang tahun ini dari jumlah pelanggan pada 2011 yang sudah mencapai 2,4 juta.
 
Herry mengemukakan setidaknya jumlah pelanggan layanan data bisa mencapai 80% dari total target pelanggan atau sekitar 2,8 juta pelanggan. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arma Editor
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper