Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Venezuela dan Paraguay berebut tiket final

SAN JUAN: Tim Kuda hitam Venezuela mampu membuktikan diri bahwa capaian gemilang selama babak penyisihan grup di Copa America bukanlah suatu kebetulan. Dengan mengandaskan Chile 2-1 di perempat final, tim berjulukan Vinotinto ini maju ke semifinal untuk

SAN JUAN: Tim Kuda hitam Venezuela mampu membuktikan diri bahwa capaian gemilang selama babak penyisihan grup di Copa America bukanlah suatu kebetulan. Dengan mengandaskan Chile 2-1 di perempat final, tim berjulukan Vinotinto ini maju ke semifinal untuk berhadapan dengan Paraguay.

Dalam pertandingan yang digelar di stadion Estadio del Bicentenario kota San Juan malam atau pagi hari waktu Jakarta tersebut, Venezuela memimpin terlebih dahulu melalui sundulan kepala pemain bertahan Oswaldo Vizcarrondo pada menit ke-34 setelah memanfaatkan tendangan bebas Juan Arango.

Pada menit ke-34, tendangan Arango dari sisi kanan berhasil diteruskan dengan sundulan kepala oleh pemain bertahan Oswaldo Vizcarrondo ke gawang Chile, tulis laporan situs resmi Copa 2011 ca2011.com.

Laporan itu menyebutkan keunggulan Venezuela 1-0 itu bertahan hingga babak pertama usai. Selama 45 menit pertama, Venezuela hanya melesakkan dua tembakan ke gawang Chile yang salah satunya melalui sundulan Vizcarrondo dan membuahkan gol.

Memasuki babak kedua, Chile terus menekan pertahanan Venezuela untuk menyamakan kedudukan guna menjaga momentum kemenangan.

Kerja keras Chile baru membuahkan hasil pada menit ke-24 babak kedua atau menit ke 69 melalui gol cantik pemain bernomor punggu 9, Humberto Suazo.

Tendangan keras Suazo sempat membentur mistar gawang, namun berhasil membuahkan gol. Sebuah tendangan cantik, gil yang indah, tulis laporan ca2011.com itu.

Sayangnya, momentum kemenangan Chile itu kembali sirna kemballi sirna di menit ke-80 melalui Gabriel Cichero yang memanfaatkan pentalan bola kiper Chile, Cladio Bravo, saat menghalau tendangan bebas pemain Venezuela Arango. Venezuela pun kembali memimpin 2-1.

Dalam tendangan bebas itu, tendangan keras Arango berhasil diblok kiper Chile Claudio Bravo, namun bola berhasil disambar oleh Gabriel Cichero dan membuahkan gol pada menit ke-35 babak kedua [menit ke-80], lanjut laporan itu.

Pertandingan pun semakin memanas. Wasit terpaksa mengusir pemain Chile, Gary Medel, setelah pada menit ke-81 pemain itu mendapat ganjaran kartu kuning kedua.

Venezuela juga harus kehilangan satu pemain saat injury time, ketika Toms Rincn diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua.

Skor 2-1 bertahan hingga ketika wasit meniupkan peluit panjangnya. Sukses Venezuela itu mengantar tuan rumah Copa America 2007 itu ke semifinal untuk berebut tiket final dengan Paraguay, yang dalam pertandingan sebelumnya mengandaskan juara bertahan Brasil melalui drama adu penalti dengan skor 2-0.

Susunan pemain Chile adalah Claudio Bravo,Pablo Contreras, Waldo Ponce,Gonzalo Jara (Esteban Paredes, 60), Mauricio Isla, Gary Medel, Carlos Carmona (10-Jorge Valdivia, 46), 8- Arturo Vidal,Luis Jimnez (Carlos Muoz, 83), Alexis Sanchz, Humberto Suazo. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper