Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Kreatif Bali, KUMPUL Co-working Space Buka Cabang Lagi

KUMPUL membuka kembali co-working space baru bernama KE{M}BALI Innovation Hub lantaran pesatnya pertumbuhan komunitas dan industri kreatif di Bali.
Suasana pembukaan KE{M}BALI Innovation Hub.
Suasana pembukaan KE{M}BALI Innovation Hub.

Kabar24.com, DENPASAR -- KUMPUL membuka kembali co-working space baru bernama KE{M}BALI Innovation Hub lantaran pesatnya pertumbuhan komunitas dan industri kreatif di Bali.

CEO KUMPUL Faye Alund mengatakan sektor ekonomi kreatif menyumbang 49,3% ke total nilai ekspor Bali. Selain itu, menurut data yang dikeluarkan Komunitas Wirausaha Tangan Di Atas pada 2017, jumlah wirausahawan di Bali meningkat 35%. Tidak hanya itu, ekosistem digital di Bali juga meningkat seiring dengan banyaknya startup digital lokal yang bermunculan.

Menurutnya, Bali tidak hanya memiliki potensi di bidang pariwisata saja. Banyak talenta maupun pelaku industri kreatif dan teknologi.

"Kita maunya berkarya ada hal-hal yang bukan untuk kita senang-senang dan jalan-jalan, Bali bukan hanya itu, banyak talenta di bali tapi kurang di highlight," katanya saat meresmikan KE{M}BALI Innovation Hub, Kamis (1/3/2018).

Kata dia, untuk mewujudkan misi membangun ekosistem kreatif dan teknologi di Bali tidak hanya didapat dari komunitas dan akademisi, namun juga melalui partisipasi aktif dari pelaku industti lokal.

"Meskipun Bali adalah salah satu tujuan utama bagi para digital nomad, objektif kami untuk membangun KE{M}BALI adalah untuk mewadahi talenta, kreator, dan pelaku industri lokal yang ingin berkontribusi dalam mendukung ekosistem kreatif dan teknologi di Bali," katanya.

Pada peresmian KE{M}BALI, hadir pula Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada pertumbuhan ekosistem kreatif, teknologi, dan entreneurship di Bali. Dia pun akan mendukung ekosistem kreatif di Bali lewat KE{M}BALI dengan pengadaan program seperti pelatihan UKM go-online, workshop untuk para calon startup founder, hingga kelas belajar pengembangan aplikasi android.

"Saya rasa ini seperti sarang yang menjadi tempat tumbuhnya teman-teman yang memberi nilai tambah dunia digital," katanya.

Adapun sebelum diresmikan, KE{M}BALI yang berlokasi di Jalan Sunset Road No.28 Seminyak Badung sudah melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan mitra seperti Gapura Digital, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, dan Indonesia Android Kejar. KE{M}BALI juga rutin diramaikan oleh berbagai kegiatan yang diadakan oleh beberapa komunitas seperti GDG Bali, GBG Bali, dan WomenWill.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper