Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rex Tillerson Bantah Sebut Trump 'Bodoh'

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson menegaskan tidak pernah berpikir untuk mengundurkan diri dari posisinya dalam pemerintahan apalagi mencemooh Presiden Donald Trump.
Rex Tillerson/Istimewa
Rex Tillerson/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson menegaskan tidak pernah berpikir untuk mengundurkan diri dari posisinya dalam pemerintahan apalagi mencemooh Presiden Donald Trump.

“Komitmen saya terhadap keberhasilan Presiden dan negara ini sama kuatnya dengan saat saya menerima tawarannya untuk menjabat sebagai Menteri Luar Negeri,” tegas Tillerson kepada awak media di Washington, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (5/10/2017).

“Saya tidak pernah mempertimbangkan untuk meninggalkan posisi ini,” lanjutnya.

Penegasan tersebut dikeluarkan menyusul pemberitaan oleh NBC News bahwa Tillerson sedang mempertimbangkan untuk mengundurkan diri pada musim panas. Menteri berusia 65 tahun tersebut juga dikabarkan telah menyebut Trump sebagai orang yang bodoh.

Saat diminta untuk mengomentari kabar tersebut, Tillerson mengatakan “Saya tidak akan menggubris hal-hal sepele seperti itu, yang tidak memiliki tujuan selain memecah masyarakat.”

Juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert kemudian menyatakan bahwa Tillerson tidak pernah menggunakan istilah 'orang bodoh'.

“Menteri Tillerson tidak menggunakan bahasa seperti itu tentang Presiden Amerika Serikat,” kata Nauert.

Lebih lanjut Nauert mengungkapkan bahwa Tillerson dan Trump bahkan telah berkomunikasi dengan baik lewat telepon pada hari Rabu (4/10) waktu setempat.

Tak lama sebelum Tillerson menyampaikan penegasannya kepada publik, Trump menggunakan akun Twitter-nya atas pemberitaan NBC tersebut.

“Laporan NBC adalah #FakeNews dan lebih tidak jujur daripada CNN. Mereka adalah aib untuk pelaporan yang baik. Tidak heran peringkat berita mereka turun!”

Trump juga menyatakan bahwa NBC harus mengajukan permintaan maaf kepada Amerika.

Dalam suatu kesempatan ketika mengunjungi Las Vegas, Trump kemudian menegaskan bahwa dia memiliki kepercayaan penuh pada Tillerson.

Hampir sejak awal masa jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri pada bulan Februari, Tillerson, mantan Chief Executive Officer Exxon Mobil Corp., telah menghadapi spekulasi bahwa dia kerap berselisih dengan Trump atau hampir mengundurkan diri.

Jajaran pejabat di Departemen Luar Negeri telah berulang kali menolak isu perselisihan antara Trump dan Tillerson. Trump disebut menghargai saran Tillerson dan memang meminta para penasihatnya untuk menyampaikan pandangan yang berbeda.

Awal pekan ini, Trump terdengar mempersoalkan upaya Menteri Luar Negeri Rex Tillerson yang dianggap membuang-buang waktu terkait perundingan dengan Korea Utara.

“Saya katakan pada Rex Tillerson, Menteri Luar Negeri kita yang luar biasa, bahwa dia menyia-nyiakan waktunya untuk mencoba bernegosiasi dengan 'Little Rocket Man',” ujar Trump dalam akun Twitter-nya.

Hal ini lebih jauh menyoroti perbedaan pandangan dalam Gedung Putih mengenai cara terbaik agar rezim Kim Jong Un menghentikan program senjata nuklirnya.

Trump telah mengancam akan menghancurkan Korea Utara jika terus diprovokasi dan berulang kali menyodorkan opsi militer sebagai upaya menghadapi Korut.

Di sisi lain, Tillerson adalah arsitek utama atas inisiatif yang berusaha menggunakan sanksi Dewan Keamanan PBB untuk mencoba dan mengganjal ekonomi Korea Utara. Ia mendesak negara-negara untuk berhenti menggunakan pekerja Korea Utara serta menutup area diplomatik rezim tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper