Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemimpin Catalonia Persiapkan Negara Republik

Pemimpin wilayah Catalonia mulai menyiapkan deklarasi kemerdekaan secara sepihak dari Spanyol setelah para pemilih mengabaikan tindakan tegas aparat kepolisian saat referendum digelar.
Peta Catalonia/Istimewa
Peta Catalonia/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Pemimpin wilayah Catalonia mulai menyiapkan deklarasi kemerdekaan secara sepihak dari Spanyol setelah para pemilih mengabaikan tindakan tegas aparat kepolisian saat referendum digelar.

SIMAK : Semestinya Setya Novanto Keluar RS Kemarin?

Menurut para pejabat wilayah itu, 90% dari warganya memilih untuk memisahkan diri dari Spanyol.
Meski polisi Spanyol menggunakan peluru karet dan pentungan untuk membubarkan kegiatan referendum yang dianggap tidak sah, pemerintah Catalonia menyatakan sebanyak 2,26 juta telah memasukkan suara mereka, atau kurang lebih sebanyak 42%.

Komentar pemimpin Catalonia Carles Puigdemont dibalas oleh pidato televisi PM Spanyol Mariano Rajoy yang menolak kemerdekaan dengan menuduh kelompok separatis telah melakukan “pemaksaan kehendak.”

Dia menawarkan perundingan yang melibatkan semua pihak demi masa depan negara. Para pejabat Catalonia mengatakan lebih dari 800 orang cidera akibat bentrokan terjadi dengan aparat keamanan ketika referendum digelar.

BACA : 4 Alasan Catalonia Ingin Memisahkan Diri dari Spanyol

Kejadian itu membuat negara itu terjebak dalam krisis konstitusional paling parah dalam beberapa dekade terakhir serta kian memanasnya hubungan antara Madrid dan Barcelona.

“Pada hari yang menentukan ini, warga Catalonia telah menggunakn hak mereka untuk merdeka dalam sebuah negara berbentuk republik,” ujar Puigdemont dalam pidato di televisi.

Menurutnya dalam beberapa hari ke depan pihaknya akan mengirim hasil referendum ke parlemen sebagai wadah kedaulatan tertinggi dari rakyat. Parlemen akan akan mengambil sikap sesuai hasil referendum, ujarnya sebagaimana dikutip Reuters, Senin (2/10/2017).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper