Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Jokowi Minta JICA Danai Proyek Luar Jawa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Japan International Cooporation Agency untuk turut mendanai proyek-proyek di luar Pulau Jawa, seperti tol Trans Sumatra, dan wilayah timur Indonesia.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan) bertemu dengan Presiden JICA Shinichi Kitaoka sesaat sebelum menggelar pertemuan tertutup di Tokyo, Jepang, Senin (10/4).  Susi mengajak Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk terlibat dalam modernisasi industri di Indonesia termasuk membangun pengolahan ikan terintegrasi di Sabang, Natuna dan Morotai./JIBI-Hery Trianto
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan) bertemu dengan Presiden JICA Shinichi Kitaoka sesaat sebelum menggelar pertemuan tertutup di Tokyo, Jepang, Senin (10/4). Susi mengajak Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk terlibat dalam modernisasi industri di Indonesia termasuk membangun pengolahan ikan terintegrasi di Sabang, Natuna dan Morotai./JIBI-Hery Trianto

Kabar24.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi)  berharap Japan International Cooporation Agency untuk turut mendanai proyek-proyek di luar Pulau Jawa, seperti tol Trans Sumatra, dan wilayah timur Indonesia.

Presiden juga minta JICA untuk dapat terlibat dalam pendanaan proyek-proyek air bersih, pengelolaan sanitasi air kotor terutama di daerah-daerah yang masih tertinggal, serta proyek irigasi yang telah disetujui.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani usai mendampingi Presiden bertemu dengan Presiden Japan International Cooporation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Pertemuan membahas kerja sama antara Indonesia dengan JICA, termasuk evaluasi dari kemajuan beberapa proyek yang dilaporkan Presiden JICA kepada Presiden Jokowi. Sri Mulyani mengatakan, keduanya membahas kemajuan sejumlah proyek infrastruktur, terutama kereta MRT, Pelabuhan Patimban, kereta cepat jalur utara Jawa.

"Presiden Jokowi meminta kepada JICA terus mendukung beberapa prioritas proyek nasional seperti penyediaan air bersih dan pengelolaan limbah air kotor seperti sanitasi," kata Menkeu, Rabu (26/7/2017).

Menurutnya, Presiden Jokowi juga menanyakan beberapa proyek yang dapat dipercepat, misal proyek yang pernah ditengok dan dihadiri Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

"Kami dalam hal ini akan terus melakukan kerjasama dengan JICA di dalam rangka untuk mendukung pembangunan Indonesia, terutama untuk mempercepat ketertinggalan daerah-daerah terutama di wilayah timur Indonesia," kata Sri Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper