Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Terorisme Dengan Tradisi Wirausaha

Pencegahan dan penanggulangan terorisme membutuhkan kerja sama secara menyeluruh dari berbagai kalangan, selain kualitas dan kuantitas aparat yang dibentuk pemerintah. Tradisi wirausaha bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terorisme.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-Pencegahan dan penanggulangan terorisme membutuhkan kerja sama secara menyeluruh dari berbagai kalangan, selain kualitas dan kuantitas aparat yang dibentuk pemerintah. Tradisi wirausaha bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terorisme.

National Coordinator for Security and Counterterrorism Kingdom of The Netherland, H.W.M Dick Schoof mengatakan kualitas dan kuantitas aparat yang telah dibentuk pemerintah juga perlu dukungan dan kepedulian masyarakat.

“Karena dengan melibatkan masyarakat, penanggulanan dan pencegahan secara dini terhadap seluruh aksi atau kegiatan terorisme dapat dengan mudah diatasi,” katanya dalam situs Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Dia berbicara di hadapan para mahasiswa peserta Kuliah Umum Internasional bertema Youth and Terrorism yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Schoof juga menjelaskan selain peningkatan kerja sama antarlembaga di dalam negeri, perlu juga adanya kerja sama dengan lembaga-lembaga antiterorisme yang berada di luar negeri.

Hal itu tentunya harus didasari oleh kerangka hukum, karena dengan dasar hukum yang kokoh akan menjadi dasar kebijakan nasional dan tindakan dalam memerangi terorisme.

Dengan dasar hukum yang kuat itu, lanjutnya, diharapkan mampu melindungi berbagai kepentingan, baik kepentingan publik maupun hak-hak asasi manusia.

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta Arief Subhan mengatakan ada banyak cara untuk mengatasi persoalan terorisme, misalnya dengan menyuburkan tradisi wirausaha.

Dengan menggalakkan seminar, workshop, dan diskusi wirausaha, imbuhnya, dapat menjadi alternatif gerakan perekonomian untuk membantu percepatan mengatasi masalah ekonomi dan kesenjangan sosial.

“Membantu percepatan mengatasi masalah ekonomi dan kesenjangan sosial artinya cara ini merupakan salah satu pencegahan adanya pemuda ikut dalam jaringan terorisme,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper