Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Kembali Amankan Terduga Dukun Pengganda Uang

Polisi Riau menangkap seorang pria berinisial APK alias Ki Purbo Lalang, yang diduga menipu korban dengan mengaku memiliki kemampuan supranatural untuk menggandakan uang.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Kabar24.com, PEKANBARU--Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menangkap seorang pria berinisial APK alias Ki Purbo Lalang, yang diduga menipu korban dengan mengaku memiliki kemampuan supranatural untuk menggandakan uang.

"Hingga saat ini penyidik masih terus mendalami keterangan yang bersangkutan," kata Kepala Satreskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bimo Aryanto di Pekanbaru, Sabtu.

Bimo menuturkan bahwa pelaku berinisial APK alias Ki Purbo Lalang Jati (33) diamankan di kediamannya pada Jumat (7/10) malam tadi sekitar pukul 20.30 WIB. Penangkapan Ki Purbo sendiri merupakan hasil pengembangan dari laporan seorang warga bernama Kus Hendarto (25) pada Kamis (6/10) lalu.

Dalam laporannya, Kus yang merupakan seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Pekanbaru itu mengaku tertipu oleh Ki Purbo senilai Rp63 juta.

"Uang itu diberikan korban kepada pelaku dengan harapan dapat digandakan pada Agustus lalu. Tapi korban tidak pernah mendapatkan apa yang dijanjikan pelaku. Ini yang kita upayakan gali terus," jelasnya.

Dari tangan pelaku yang diamankan dengan tanpa perlawanan di kediamannya Jalan Manunggal, Kecamatan Tampan, Pekanbaru itu, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti.

Diantara barang bukti yang diamankan polisi berupa mobil, tablet, ponsel, 1 gelang dan cincin emas, sepeda motor.

Selain itu, turut ditemukan di kediamannya satu kotak kardus, kain hitam, satu ikat dupa, satu minyak apel jin, minyak baslau, serta buku tamu pasien rentangan Januari-Desember 2016.

"Kemudian turut diamankan spanduk pengobatan alternatif Purbo Kati, surat keterangan usaha yang dikeluarkan lurah setempat, 1 lembar sertifikat Paramatma International Spritual Concouness atas nama KIPURBO JATI serta berbagai macam buku spiritual," ujarnya.

Polisi belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut karena pelaku dalam proses penyidikan. Hanya saja dari pantauan, pelaku tampak sangat tenang saat digelandang maupun diperiksa penyidik di Polresta Pekanbaru.

Kasus ini menarik perhatian publik Pekanbaru setelah berita penggandaan uang santer menyebar di seluruh negeri, namun ternyata juga ada di Kota Bertuah.

Polisi mengimbau apabila ada korban penipuan pelaku lainnya untuk dapat segera melapor guna pengungkapan kasus tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper