Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puan Maharani Akan Buka Muktamar Nasyiatul Aisyiyah

Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani akan membuka Muktamar Nasyiatul Aisyiyah XIII yang akan digelar Yogyakarta pada 26-28 Agustus 2016.
Puan Maharani. /Antara
Puan Maharani. /Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani akan membuka Muktamar Nasyiatul Aisyiyah XIII yang akan digelar Yogyakarta pada 26-28 Agustus 2016.

"Akan dibuka oleh Menko PMK Puan Maharani dan dihadiri sejumlah menteri," kata Ketua Bidang Kemasyarakatan Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah Rita Pranawati dalam jumpa pers yang digelar di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, Jakarta, Senin (22/8/2016).

Dia mengatakan beberapa menteri akan hadir dan terlibat dalam muktamar, di antaranya Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Selain itu, acara empat tahunan itu akan dihadiri Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan.

Dalam muktamar tersebut, kata Rita, terdapat tiga aspek permasalahan bangsa yang akan dibahas, terutama terkait dengan peran perempuan di dalamnya. Di antaranya tentang pemberdayaan ekonomi, isu pendidikan serta advokasi hukum anak dan keluarga.

Menurut dia, tantangan NA dalam setiap generasi bersifat dinamis atau berubah-ubah sesuai tuntutan zaman. Di awal pendirian NA, permasalahan peran perempuan dihadapkan pada ketidaksetaraan para putri yang belum mendapatkan hak pendidikan dan aktivitas seperti laki-laki.

Di masa kini, kata dia, hal tersebut terkadang dijumpai tapi ditambah persoalan perempuan yang dituntut agar mandiri dalam ekonomi, melawan kekerasan dan tutut serta dalam pengambilan kebijakan publik.

Sejauh ini, kata dia, NA sudah dapat mendorong adanya kemandirian ekonomi perempuan, hanya saja dampaknya perlu diperluas lagi. Dia mencontohkan, NA telah merintis terbentuknya asosiasi pengusaha dan usaha mikro yang berbasis anggota NA.

Muktamar NA merupakan forum permusyawaratan tertinggi sekaligus sarana konsolidasi kader yang tersebar di 24 provinsi di Indonesia. Selain suksesi kepemimpinan, beberapa isu persoalan bangsa dibahas untuk ditindaklanjuti dengan solusi.

Acara empat tahunan itu akan diikuti lebih dari seribu peserta dan penggembira yang datang dari seluruh Indonesia.

Nasyiatul Aisyiyah merupakan organisasi otonom Muhammadiyah yang berdiri sejak 16 Mei 1931. Organisasi gerakan putri Islam yang bergerak di bidang keperempuanan, keagamaan, kemasyarakatan dan pendidikan ini sudah berkiprah lebih dari 85 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper