Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyu Seberat 120 Kilogram Terdampar di Nusa Penida

Seekor penyu ukuran besar terdampar di Pantai Bodong, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali, namun secara administratif masuk wilayah Kabupaten Klungkung.
Penyu/profauna.net
Penyu/profauna.net

Kabar24.com, JAKARTA- Seekor penyu ukuran besar terdampar di Pantai Bodong, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali, namun secara administratif masuk wilayah Kabupaten Klungkung.

"Penyu yang terdampar itu diketahui warga setempat pada tengah malam dan langsung dievakuasi ke tengah laut dengan menggunakan perahu," kata I Made Nartawan, salah seorang warga setempat, Senin.

Ia mengatakan, Pantai Bodong memang dikenal sebagai habitat penye, namun baru pertama kali ada penyu besar yang terdampat. "Kebetulan rumah saya dekat dengan bibir pantai, melihat keanehan malam hari langsung saya dekati ternyata seekor penyu besar terdampar.

Kemungkinan penyu tersebut mau bertelur," katanya. Penyu tersebut berukuran panjang 135 sentimeter, ukuran tempurung 83 sentimer, lebar 65 sentimeter dengan berat 120 kilogram. I Made Nartawan menjelaskan, hal tersebut langsung dilaporkan kepada pihak Koservasi Perairan Nusa Penida.

Menurut Kepala unit pelaksana teknis (UPT) Kawasan Koservasi Parairan Nusa Penida I Nyoman Karyawan mengatakan, penyu tersebut dalam kondisi baik. Ia memberikan apresiasi terhadap kesadaran masyarakat setempat yang ketulusan menjaga boita laut agar tetap lestari. Sesuai dengan UU No. 5 tahun 1990 penangkapan penyu dilarang. Untuk itu penyu besar tersebut kembali dilepas disaksikan Kapolsek Nusa Penida Kompol I Gede Arianta,SH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper