Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Geger Otak, Kemampuan Otak Kanan Wanita Ini Meningkat Drastis

Kecelakaan yang berhubungan dengan kepala kemungkinan besar akan menyebabkan cidera pada otak dan sebagainya dengan kemungkinan terburuk hilang ingatan. Lalu bagaimana jika kecelakaan tersebut justru meningkatkan kemampuan otaknya?n
Otak/boldsky.com
Otak/boldsky.com

Kabar24.com, JAKARTA -- Kecelakaan di bagian kepala kemungkinan besar menyebabkan cedera di otak kemungkinan terburuknya adalah hilang ingatan. Bagaimana jika kecelakaan tersebut justru meningkatkan kemampuan otak?

Seperti diberitakan Daily Mail, Jumat (17/4/2015), hal langka ini terjadi pada 50 kasus di dunia. Kondisi tersebut disebut acquired savant syndrome. Seorang yang mengidap sindrom ini menceritakan setelah kecelakaan di arena ski yang menyebabkan gegar otak ringan, dia memiliki kemampuan bermusik, matematika, dan artistik yang luar biasa.

Perempuan yang dirahasiakan identitasnya tersebut bahkan mampu mengingat persis setiap tempat yang pernah dikunjunginya dengan menggambar peta atau diagram masing-masing lokasi dan bangunan tersebut.

"Saya mengingat tempat, seperti membolak-balik halaman buku. Setiap tempat yang pernah saya kunjungi, namun secara khusus bangunannya," ujar perempuan yang tinggal di Amerika tersebut.

Hingga saat ini, penelitian penyebab sindrom langka tersebut masih berlangsung. Belum ada teori tunggal yang mampu menjelaskan kasus tersebut.

Namun, banyak peneliti pecaya penyebab sindorm tersebut terjadi ketika otak kanan mengompensasi cedera yang terjadi pada otak kiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper