Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesaksian Puteri Pelukis Basoeki Abdullah Bertemu Nyai Roro Kidul

Puteri pelukis Basoeki Abdullah, Cicilia Sidhawati, mengungkap kisah pertemuannya dengan Nyai Roro Kidul atau Ratu Kidul, penguasa Laut Selatan.
Peluki Basoeki Abdullah/wikipedia.org
Peluki Basoeki Abdullah/wikipedia.org

Kabar24.com, JAKARTA— Puteri pelukis Basoeki Abdullah, Cicilia Sidhawati, mengungkap kisah pertemuannya dengan Nyai Roro Kidul atau Ratu Kidul, penguasa Laut Selatan.

Cicilia, putri kedua pelukis Basoeki Abdullah, menuturkan bahwa pertemuan itu sudah terjadi lebih dari 30 tahun lalu. Kata perempuan berusia 42 tahun ini, pengalaman pribadinya itu belum pernah dia ungkapkan kepada media massa.

“Hanya saya ceritakan ke teman-teman saja. Itu pun karena terpancing setelah mendengar cerita mistis mereka,” kata Cicilia saat ditemui di Museum Basoeki Abdullah, Selasa  (27/1/2015).

Ceritanya, ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), dia diajak ayah dan ibunya, Nataya Nareerat, menginap di Hotel Samudra Beach (kini Inna Samudra Beach) di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat.

Dia mengaku lupa kapan waktu persis kejadian ini. Ketika ayah dan ibunya sedang berada di meja penerima tamu untuk check-in, Cicilia yang sedang bermain di sekitar lobi didatangi seorang perempuan.

“Cantik sekali, ayu khas Indonesia, kulitnya putih, rambutnya panjang dan memakai syal hijau,” ujar Cicilia mendeskripsikan sosok perempuan tersebut.

Syal Hijau

 Yang membuat Cicilia heran, perempuan itu tidak takut mengenakan syal berwaran hijau. Padahal, dia dan semua anggota keluarga dan rombongan yang datang ke hotel itu dilarang keras mengenakan pakaian berwarna hijau.

“Perempuan itu bertanya, 'Bapakmu mana?',” kata Cicilia menirukan perempuan itu yang bertutur dengan logat Jawa yang kental.

Tanpa menjawab, Cicilia berlari ke arah ayahnya untuk memberitahukan kalau ada yang mencari. Tapi, belum selesai Cicilia mengatakan kepada Daddy---panggilan sayang Cicilia untuk Basoeki Abdullah---perempuan tersebut telah menghilang.

“Daddy sih sudah paham kalau itu Ratu Kidul yang sudah menanti kedatangannya,” ujar Cicilia.

Kedatangan Basoeki Abdullah ke hotel yang pembangunannya bersamaan dengan Hotel Indonesia itu memang untuk melukis Nyai Roro Kidul atau Ratu Kidul penguasa Laut Selatan.

“Daddy memang mengatakan mau melukis Ratu Kidul. Dalam bayangan saya yang masih anak-anak waktu itu, Ratu Kidul itu semacam dewi laut, yang pasti bukan berwujud manusia,” kata perempuan kelahiran Bangkok, 13 Oktober 1972 ini.

Kamar 308

Cicilia mengaku melihat ayahnya keluar dari kamar tempat mereka menginap dan menuju kamar nomor 308 yang dipercaya sebagai kamar yang dihuni Ratu Kidul.

“Saya kan mau tahu jadi saya ikut saja Daddy keluar, tapi ibu saya melarang karena sudah tengah malam. Tapi saya sempat melihat Daddy sujud di depan pintu kamar itu, bukannya mengetuk pintu,” ujarnya.

Dia mengatakan tidak tahu lagi apa yang dilakukan ayahnya di dalam kamar 308 itu.

“Yang pasti setelah itu Daddy kembali ke kamar dan langsung melukis. Cepat sekali selesainya dan perempuan yang ada di lukisan itu, ya perempuan yang menemui saya di lobi tadi,” ujar Cicilia sambil mengusap lengannya.

“Nih, saya masih merinding, lho,” dia menambahkan.

Menurut Cicilia, lukisan yang dibuat ayahnya itu kini dimiliki oleh PT Gudang Garam di Kediri. Lukisan berjudul Kanjeng Ratu Kidul itu menggambarkan sosok perempuan yang mengenakan mahkota dengan rambut panjang terurai seolah muncul dari dalam lautan diiringi riak-riak ombak putih.

Di antara riak-riak ombak itu terdapat kuda-kuda yang sedang berlarian. Kini, di dalam kamar 308 Hotel Inna Samudra Beach itu terpajang lukisan reproduksinya yang ditanda-tangani oleh Basoeki Abdullah pada 1981 dan dibubuhi tulisan: “Nyaosaken gambar panjenengan kangge pengetan. Saking abdi dalem, Basoeki Abdullah.”

BACA JUGA:

HASIL INVESTIGASI AIRASIA QZ8501: 18 Informasi Faktual Jatuhnya AirAsia di Selat Karimata

EVAKUASI AIRASIA QZ8501: Ayu Dikremasi Tanpa Kehadiran Orangtua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper