Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rhoma Hijrah ke Kubu Prabowo, PKB Bantah Kianati Bang Haji

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membantah telah mengkhianati kesepatakan yang sudah dibuat antara partai tersebut dengan Rhoma Irama yang dijadikan sebagai kandidat calon presiden.
 Rhoma Irama/Antara
Rhoma Irama/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membantah telah mengkhianati kesepatakan yang sudah dibuat antara partai tersebut dengan Rhoma Irama yang dijadikan sebagai kandidat calon presiden.

"Tidak ada yang mengkhianati Bang Haji [Rhoma Irama]," kata Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip Antara, Kamis (22/5/2014).

Dia menjelaskan PKB sudah sepakat dengan Rhoma untuk memberi kebebasan kepada yang bersangkutan mencari partai koalisi apabila suara PKB mencapai 15% di Pemilu Legislatif 2014. Namun, menurut dia, pada kenyataannya suara PKB hanya sekitar 9% dan tidak mencapai 15%.

"Perjanjiannya, kalau PKB dapat 15%, kami mempersilahkan Bang Haji mencari pasangan cawapres," ujarnya.

Karding menegaskan PKB sudah berupaya menawarkan Rhoma ke partai-partai politik yang akan menjadi mitra koalisi, tetapi tidak ada partai yang merespons tawaran PKB.

Berawal dari hal tersebut, menurut Karding, PKB merasa tidak memiliki beban moral maupun politik dengan tidak menjadikan Rhoma sebagai capres atau cawapres. "Kami tidak punya beban moral atau politik," katanya.

PKB resmi mendukung pencapresan Joko Widodo yang berpasangan dengan Jusuf Kalla yang diusung PDI Perjuangan, dukungan itu bersama dengan partai koalisi seperti Partai Nasdem, dan Partai Hanura.

Pada 16 Mei 2014, Rhoma Irama yang sebelumnya merupakan salah satu kandidat calon presiden dari PKB resmi mencabut dukungannya dari partai tersebut.

Alasan Rhoma adalah enggan satu jalan dengan PKB yang mendukung pencalonan Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres 2014.

Rhoma menilai Jokowi sebagai pemimpin yang tidak amanah karena meninggalkan tanggung jawab sebagai Gubernur DKI Jakarta padahal banyak program yang harus dituntaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper