Selasa, 23 Desember 2014

HUT Ke-68 Kemerdekaan RI, Bupati Mamuju Gelar Peringatan Ala Nelayan

Fatkhul Maskur Sabtu, 17/08/2013 05:58 WIB

Bisnis.com, MAMUJU - Bupati Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat akan berpakaian nelayan pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2013.

"Saya akan berpakaian nelayan memimpin upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-68 di Mamuju, tidak seperti upacara yang hanya dipenuhi lambang pejabat," kata Bupati Mamuju, Suhardi Duka di Mamuju, Sabtu (17/8/2013).

Dia mengatakan peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan RI di Mamuju digelar di laut tepatnya di perairan Mamuju antara pulau Karampuang dan Kota Mamuju yang juga akan diikuti ratusan nelayan selain para pejabat di Mamuju yang juga akan berpakaian nelayan.

"Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Mamuju digelar di laut depan kota Mamuju yakni pada sebuah delta sempit yang disebut masyarakat setempat 'Bone Tangga', juga akan dirangkaikan dengan pesta nelayan," katanya.

Menurut dia, peringatan HUT Mamuju tahun ini digelar di laut karena tahun sebelumnya Pemkab Mamuju menggelar peringatan HUT kemerdekaan di gunung yakni di Kecamatan Kalumpang yang berada 100 kilometer dari Kota Mamuju dan berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Dia mengatakan semangat peringatan HUT kemerdekaan di Mamuju sehingga tahun ini digelar di laut adalah menghargai perjuangan para pahlawan yang telah mempertahankan kekayaan alam bahari untuk tetap berada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Gunung dan laut adalah kekayaan alam yang membuat bangsa ini tetap bertahan dan mensejahterakan rakyat, itu sudah dipertahankan para pahlawan pejuang kemerdekaan di negara ini, mereka bertempur di gunung dan di laut, sehingga upacara mesti digelar di gunung dan di laut menghargai jasa para pahlawan," katanya.

Dia berharap agar semangat mempertahankan kemerdekaan bagi masyarakat Mamuju tetap ada dengan mengenang serta menghargai jasa para pahlawan dan juga mempertahankan apa yang mereka pertahankan yakni gunung dan laut di negara ini.

Menurut dia, upacara peringatan HUT kemerdekaan akan diramaikan seorang selebriti Chacha Frederica yang diundang khusus menghadiri HUT kemerdekaan Mamuju dan juga akan menghibur masyarakat Mamuju.

Selain itu akan diliput media nasional Trans 7 agar dapat disaksikan langsung seluruh masyarakat Indonesia.

Apps Bisnis.com available on:    
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
more...