Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingar-bingar Persiapan Pisah-Sambut Jokowi ke Prabowo di Istana Kepresidenan

Menilik sejumlah persiapan teknis di Kompleks Istana Kepresidenan jelang rangkaian acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Minggu (20/10/2024).
Suasana Istana Merdeka di Jakarta jelang pelantikan Presiden dan Wapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Kamis (17/10/2024). JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P
Suasana Istana Merdeka di Jakarta jelang pelantikan Presiden dan Wapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Kamis (17/10/2024). JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah persiapan teknis dilakukan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, jelang rangkaian acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Minggu (20/10/2024). Beberapa petugas terlihat mempersiapkan lokasi acara pisah sambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi sekitar Istana Merdeka, para petugas mempersiapkan berbagai hal mulai dari panggung, karpet, kursi untuk peserta acara, penempatan kamera hingga pemasangan videotron. 

Dari tampak depan Istana Merdeka, sudah ada dua layar videotron yang dipasang untuk menampilkan visualisasi acara yang nantinya berlangsung di halaman depan Istana Merdeka. Di seberangnya, terdapat panggung untuk pesta rakyat yang berada di kawasan Monumen Nasional (Monas). 

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. mempersiapkan dukungan layanan koneksi internet hingga videotron dan CCTV untuk acara pisah-sambut antara Jokowi ke Prabowo. 

Telkom menyiapkan tiga videotron besar di halaman Istana Merdeka. Semuanya dinyatakan siap untuk beroperasi termasuk untuk jaringan internet. Pengerjaan sudah dilakukan sejak dua hari yang lalu. 

"Malam ini harusnya sudah ready, besok tinggal running aja," kata Imron, seorang teknisi videotron dari Telkom yang bertugas sore ini di depan halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (19/10/2024). 

Para teknisi dari Telkom ada yang ditugaskan di dalam maupun luar Istana Merdeka. 

Persiapan juga dilakukan untuk merapihkan dan mempercantik tampak halaman depan Istana Merdeka. Para petugas kebersihan sore ini terlihat memangkas dan merapihkan ranting-ranting pohon yang berada di depan Istana. Gunanya, agar kamera dari media yang menyorot acara di halaman Istana Merdeka tidak terhalang pleh ranting dan dahan pohon. 

Tugas Leo, seorang petugas yang dipekerjakan oleh Istana Kepresidenan, juga untuk mewarnai rumput di sekitar halaman tempat kerja kepala negara. 

"Tadi mewarnai rumput, terus sama tadi aja mangkas sedikit di luar depan Istana Merdeka," paparnya. 

Rangkaian Acara Pelantikan 

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyampaikan kesiapan rangkaian pelantikan serta pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 yang akan berlangsung, Minggu (20/10/2024).

Persiapan rangkaian kegiatan dimulai dari ketibaan para tamu negara di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

“Sekarang sedang berlangsung masih penambahan [tamu negara] mana yang di Halim, mana yang di Soetta. Nanti terakhir bisa sore ini atau besok pagi kami akan berikan data komplitnya,” ucapnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (18/10/2024).

ada prosesi penerimaan Kepala Negara atau setingkat Kepala Negara seperti pasukan jajar kehormatan dan korps musik (Korsik)...

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper