Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persiapan Pelantikan Prabowo-Gibran, Jokowi-Maruf Amin Siap jadi Pensiunan

Istana dan Gedung DPR RI Mulai 'bersolek' jelang pelantikan Prabowo-Gibran. Jokowi-Ma'ruf Amin pun siap untuk jadi pensiunan usai lengser.
Akbar Evandio,Anshary Madya Sukma
Jumat, 18 Oktober 2024 | 11:40
Suasana Istana Merdeka di Jakarta jelang pelantikan Presiden dan Wapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Kamis (17/10/2024). JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P
Suasana Istana Merdeka di Jakarta jelang pelantikan Presiden dan Wapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Kamis (17/10/2024). JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Pergantian rezim dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Prabowo Subianto tinggal menghitung hari. Istana kepresidenan, DPR RI, hingga panggung pesta rakyat pun disiapkan untuk menyambut Prabowo-Gibran pada saat pelantikan 20 Oktober 2024

Sejumlah pekerja di lingkup Istana Kepresidenan disibukkan dengan berbagai persiapan menjelang perhelatan pisah sambut dari Jokowi ke Prabowo yang akan berlangsung pada Minggu (20/10/2024).

Sejak Kamis pagi (17/10/2024), puluhan petugas konstruksi bangunan, kebersihan, hingga keamanan telah dikerahkan untuk memastikan area sekitar istana dalam kondisi terbaik.

Mereka membersihkan jalanan, menata taman, dan memeriksa fasilitas umum agar semuanya siap menyambut tamu undangan yang dijadwalkan hadir. Tim konstruksi bangunan tampak mengecat sejumlah ornamen kayu tua pada bagian jendela yang berada di komplek Sekretariat Presiden bercorak krem.

Hingga Kamis sore, kesibukan juga tampak di Gedung Istana Negara, Jakarta. Pekerja memperbaiki lantai berbahan marmer, berupa penggantian komponen lantai hingga menutup nat atau celah bagian lantai.

"Kami kerja hari ini dari jam 08.30 sampai selesai nanti jam 21.00 WIB," kata pengawas pekerjaan konstruksi Santoso di Istana Negara dilansir dari Antara, Jumat (18/10/2024). 

Santoso mengawasi sekitar 10 orang pekerja yang kala bertugas memoles lantai teras luar Istana Negara menggunakan alat floor polisher yang dikenal sebagai mesin pengkilap lantai.

Dia mengatakan pekerjaan itu dilakukan untuk menyambut perhelatan pisah sambut Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada 20 Oktober mendatang. 

Seperti diketahui, fungsi dari Istana Negara adalah sebagai pusat kegiatan pemerintahan negara atau kegiatan resmi kepresidenan, seperti acara-acara kenegaraan hingga pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa prosesi pisah sambut akan dilaksanakan setelah Prabowo Subianto dilantik sebagai Presiden RI di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Senayan, Jakarta Selatan. 

"Usai pelantikan, Pak Jokowi akan lebih dulu ke Istana Jakarta. Nanti Pak Presiden Prabowo menyusul untuk acara pisah sambut," katanya.

Pratikno mengatakan bahwa di Istana pada 20 Oktober 2024 hanya akan ada acara pisah sambut, dilanjutkan dengan keberangkatan Presiden Jokowi pulang ke Solo sekitar pukul 15.00 WIB. Selain itu, rencananya juga digelar agenda jamuan makan malam di Istana Kepresidenan Jakarta bersama para tamu penting.

Istana Kepresidenan, melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), menyiapkan 60 unit Mercedes Benz S-Class sebagai kendaraan resmi para tamu negara dalam rangkaian pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. 

Kepala Biro Umum Sekretaris Kemensesneg Eka Denny Mansjur mengatakan bahwa sebanyak 60 unit ini akan digunakan untuk kebutuhan wara-wiri tamu Negara mulai 19 Oktober sampai dengan 21 oktober 2024. 

“Kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas dukungan unit mobil Mercedes Benz yang akan digunakan sebagai kendaraan resmi para kepala negara atau kepala pemerintahan pada berbagai agenda penting kenegaraan yang selama acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia,” ujarnya dalam rilisnya, Kamis (17/10/2024).

Persiapan Pelantikan Prabowo-Gibran, Jokowi-Maruf Amin Siap jadi Pensiunan

115.000 Personel Gabungan Bakal Amankan Pelantikan Prabowo-Gibran 

TNI-Polri mengerahkan 115.000 personel dalam rangka pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada Minggu (20/10/2024).

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan 100.000 pasukan untuk mengawal serangkaian pelantikan itu.

"Kita melaksanakan apel kesiapan dalam rangka pelaksanaan pengamanan pelantikan presiden. Personel dari TNI 100.000," ujarnya di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024).

Pasukan itu terdiri dari Satgas Pamwil Jakarta atau Kodam Jaya, Satgas PAM VVIP (Paspampres), Satgas Passus, Satgas Udara, Laut, Siber hingga Intel.

Dia menambahkan, bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan institusi Polri untuk mengamankan dan memitigasi ancaman terkait acara pelantikan presiden.

"Kita mitigasi terus sebelum, saat pelaksanaan dan setelah kegiatan acara terkait dengan ancaman tersebut berkoordinasi dengan polri dan satuan intelijen yang ada di wilayah terutama khususnya di Jakarta," imbuhnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa pihaknya juga mengerahkan anggota polri sebanyak 15.000 dalam pelantikan Prabowo-Gibran.

"Jadi untuk total personel yang melaksanakan kegiatan pengamanan, kurang lebih 15.000 [personel]," tutur Listyo.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai melakukan apel pelantikan presiden dan wakil presiden di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024)/Bisnis-Anshary Madya Sukma
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai melakukan apel pelantikan presiden dan wakil presiden di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024)/Bisnis-Anshary Madya Sukma

Wapres Ma'ruf Amin Kosongkan Rumah Dinas 

Di lokasi terpisah, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengaku dirinya mulai mencicil proses kepindahan dan mengosongkan rumah dinas di Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat untuk pindah ke Cimanggis, Depok. 

Hal ini disampaikan olehnya di agenda Silaturahmi dan Perpisahan Wakil Presiden (Wapres) dan Wury Ma'ruf Amin dengan Pejabat/Pegawai Setwapres dan Pejabat/Perangkat Melekat, di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis (17/10/2024).

“Sudah saya sudah, saya sudah pindah rumah saya. Saya sudah pindah rumah,” ujarnya kepada wartawan di kompleks Istana Wapres, Kamis (17/10/2024).

Lebih lanjut, orang nomor dua di Indonesia itu menekankan meskipun masa jabatannya masih tersisa 3 hari lagi, tetapi dia ingin menyelesaikan proses pindah sebelum memasuki masa purnatugas pada 20 Oktober 2024 mendatang 

Dia berharap pada 20 Oktober mendatang dirinya tidak secara terburu-buru untuk berpindah ke kediamannya di Cimanggis, Depok. 

“Jadi nanti tidak seperti orang kelabakan pindah terburu-buru. sehingga saya sudah siapkan, hari ini, saya sudah tidak lagi di rumah dinas, tapi saya sudah berada di rumah, seluruhnya sudah seluruhnya seluruhnya sudah,” tuturnya. 

Ma'ruf Amin memerinci bahwa sejumlah barang yang telah dikemas dan tiba di Cimanggis  mulai dari tanaman hingga buku-buku. Menarik, Ma’ruf menjelaskan bahwa kebanyakan tanamannya berasal dari Negara-negara luar yang pernah dikunjunginya selama menjabat sebagai Wapres.

“Ada banyak tanaman kan saya kalau keliling Indonesia pulang saya bawa tanaman, mana khasnya sini. Bahkan dari luar negeri saya bawa, dari Yunani, saya bawa dari Yunani. Lalu, saya bawa juga dari Jepang,” pungkas Ma’ruf Amin. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper