Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Doa Hajat Agar Dilancarkan Tes SKD CPNS 2024

Berikut bacaan doa hajat agar diberikan kemudahan dan kelancaran saat tes SKD CPNS 2024.
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Jakarta. Bisnis/Bisnis/Arief Hermawan P
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Jakarta. Bisnis/Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 dimulai pada hari ini, Rabu (16/10/2024).

Beberapa peserta sudah mulai mendapat jadwal dan informasi mengenai lokasi tes. Sebagian yang lain masih menunggu jadwal untuk melaksanakan SKD.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), terdapat total 3.963.832 pelamar dalam seleksi CPNS 2024.

Kemudian sebanyak 3.034.894 peserta dinyatakan memenuhi syarat pendaftaran sehingga berhak mengikuti tes SKD CPNS 2024.

Peserta yang sudah siap untuk menjalani tes SKD CPNS 2024, bisa ikut mengamalkan doa di bawah ini untuk diberikan kelancaran.

Doa ini dibaca agar peserta diberikan kemudahan serta kelancaran dalam mengerjakan ujian, sehingga bisa dinyatakan lolos passing grade.

Melansir dari NU Online, doa di bawah ini dibaca untuk mereka yang sedang memiliki hajad. Sebelum itu, dianjurkan juga mengerjakan salat hajat 2 rakaat.

Setelah salat Hajat, umat muslim diminta untuk memanjatkan doa agar keinginannya yang ingin dicapai bisa terwujud. 

Menurut buku penuntut Mengerjakan Shalat Hajat karya Ali Akbar bin Aqil, menjelaskan jika waktu sholat hajat bisa dilakukan kapan saja, kecuali pada waktu yang diharamkan untuk menjalankan sholat sunnah. Sementara waktu yang diutamakan untuk menjalankan sholat hajat adalah waktu sepertiga malam terakhir, antara pukul 01.00 hingga menjelang subuh. Anda bisa melakukan sholat hajat setelah sunnah tahajud. 

Niat Sholat Hajat 

Sholat hajat sendiri hukumnya sunnah. Dalam kitab-kitab fiqih, Sebagian ulama mencantumkan sholat hajat. Prof Dr. Wahbah Az Zuhaili mencantumkan sholat hajat sebagai sholat sunnah ketiga dari sub bab Sholat-Sholat Mu’ayyanah Mustaqillah, setelah sholat tarawih, sholat dhuha, sholat tasbih dan sholat istikharah. 

“sholat ini termasuk sholat sunnah karena ada hadis Riwayat Abdullah bin Abu Aufa dalam Sunan Tirmidzi menerangkan tentang sholat ini” Imam At Tarmidzi berkata bahwa hadis tentang sholat hajat termasuk hadis Gharib “

Meskipun tempatnya di dalam hati, bagi yang ingin melafalkan niat sholat hajat karena ingin menghadirkan rasa khusyu bacaannya ialah:

“usholli sunnatal-haajati rok’atayni illahi ta’aala”

Artinya: saya berniat sholat sunnah hajat dua rakaat karena Allah ta'ala.

Doa Hajat agar Dilancarkan SKD CPNS 2024

Setelah melakukan sholat hajat, dilanjutkan dengan berdoa memohon kepada Allah SWT atas apa yang menjadi keinginannya. Doa tersebut bisa berupa dzikir maupun bacaan ayat-ayat alquran. Berikut ini beberapa doa dan dzikir yang bisa diamalkan.

1. Membaca Istighfar

Dalam kitab Tajul jamil-lil-ushul dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak 100 kali, yaitu: 

“Astaghfirullaha Robbil min kulli dzanbin wa atuubu ilayhi”

(Aku memohon ampunan kepada Allah Tuhanku, dari dosa-dosa dan aku bertaubat kepada-Mu)

2. Membaca sholawat nabi

Bacaan sholawat nabi yang dibaca sebanyak 100 kali yakni:

“Allahumma sholli ‘alaa muhammadin sholaatar-ridhoo wardho ‘an ashaabir-ridhor-ridhoo”

(Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, kesejahteraan yang diridhoi dan ridhollah dari sahabat-sahabat sekalian)

3. Membaca doa sholat hajat

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper