Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Macron Tunjuk Eks Negosiator Brexit Michel Barnier sebagai PM Baru Prancis

Michel Barnier adalah perdana menteri tertua dalam sejarah politik modern Prancis pada usianya yang menginjak 73 tahun.
Presiden Prancis Emmanuelle Macron dan Eks PM Inggris Rishi Sunak. Dok. Reuters.
Presiden Prancis Emmanuelle Macron dan Eks PM Inggris Rishi Sunak. Dok. Reuters.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Emmanuel Macron menunjuk eks negosiator Brexit Uni Eropa, Michel Barnier, sebagai perdana menteri Prancis setelah dua bulan kekacauan politik usai pemilu.

Mengutip Reuters pada Jumat (6/9/2024), Barnier berjanji untuk bekerja sama di seluruh spektrum politik tetapi hanya memberikan sedikit petunjuk mengenai rencananya.

Barnier merupakan seorang konservatif yang relatif tidak dikenal di Prancis meskipun pernah menjabat sebagai menteri. Dia menghadapi tantangan berat untuk mengarahkan undang-undang yang ketat seperti anggaran tahun 2025 melalui parlemen yang digantung, sementara di bawah ancaman terus-menerus untuk digulingkan.

Nasib Barnier – dan Macron – bergantung pada partai sayap kanan jauh pimpinan Marine Le Pen, National Rally (RN) yang memberikan dukungan tentatif terhadap pencalonan Barnier. Namun, partai tersebut menegaskan bahwa mereka dapat menarik dukungan kapan saja jika kekhawatiran mereka mengenai masalah imigrasi, keamanan dan keuangan tidak terpenuhi.

Berbicara di halaman kediaman perdana menteri Matignon, Barnier mengatakan masa jabatannya adalah tentang mengatasi, sebisa mungkin, tantangan, kemarahan, penderitaan, perasaan ditinggalkan, ketidakadilan yang terjadi di banyak kota kita. pinggiran kota dan daerah pedesaan.

Barnier adalah perdana menteri tertua dalam sejarah politik modern Prancis pada usianya yang menginjak 73 tahun. Dia menggantikan Gabriel Attal, yang merupakan perdana menteri termuda. Macron membutuhkan waktu dua bulan untuk menunjuknya, setelah pemilu gagal memberikan kelompok mana pun mayoritas yang jelas.

Barnier mengatakan dia akan mendengarkan semua kelompok politik, dengan menyebutkan layanan kesehatan, keamanan dan lapangan kerja serta pengurangan utang negara yang berlebihan sebagai prioritas.

"Prancis menyatakan kebutuhan mereka akan rasa hormat, persatuan, dan ketenangan," kata Barnier sambil berdiri di samping Attal.

Kelompok sayap kiri, yang menempati posisi pertama dalam pemilu, namun tanpa mayoritas mutlak, memperjelas bahwa mereka akan melawan Barnier dalam jabatannya.

“Pemilu ini dicuri dari rakyat Prancis,” kata pemimpin sayap kiri Jean-Luc Melenchon, yang menyerukan protes jalanan pada hari Sabtu. Anggota parlemen sayap kiri lainnya, Mathilde Panot, menyebutnya sebagai kudeta demokratis yang tidak dapat diterima.

Anggota parlemen RN Laurent Jacobelli mengatakan syarat untuk tidak memilih Barnier adalah parlemen dibubarkan sesegera mungkin – yaitu awal Juli tahun depan.

Jordan Bardella, presiden RN, partai tunggal terbesar di parlemen, menuntut agar kekhawatiran kelompok sayap kanan ditangani. “Kami mencadangkan semua tindakan politik jika hal ini tidak terjadi dalam beberapa minggu mendatang,” kata Bardella.

Barnier adalah politisi karir yang pro-Eropa dan moderat, meskipun dia memperkeras wacananya ketika gagal mencalonkan diri sebagai presiden dari partainya pada tahun 2021, dengan mengatakan bahwa imigrasi tidak terkendali.

Dia menjadi anggota parlemen pada usia 27 tahun dan bertugas di beberapa pemerintahan Prancis, termasuk sebagai menteri luar negeri dan menteri pertanian.

Barnier menghabiskan sebagian besar waktunya selama 15 tahun terakhir bekerja di markas besar Uni Eropa di Brussels, di mana dia memimpin pembicaraan Uni Eropa dengan Inggris mengenai keluarnya Uni Eropa dari blok tersebut.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan dia mendoakan Barnier kekuatan dan kesuksesan, sementara Ketua Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen mengatakan dirinya tahu bahwa Michel Barnier menaruh perhatian pada Eropa dan Perancis.

Macron mempertimbangkan sejumlah calon perdana menteri, tetapi tidak ada yang memiliki cukup dukungan untuk menjalankan pemerintahan yang stabil.

Saham bank Perancis naik tipis pada hari Kamis, biaya pinjaman pemerintah turun sedikit dan euro menguat, sebagai reaksi positif dari pasar keuangan setelah penunjukan tersebut.

Langkah selanjutnya sekarang akan beralih ke penunjukan menteri oleh Barnier, yang harus disetujui Macron.

Eurasia Group, sebuah firma analisis politik, mengatakan beberapa menteri dari pemerintahan yang akan habis masa jabatannya mungkin akan terus menjabat, namun Menteri Keuangan Bruno Le Maire sepertinya tidak termasuk di antara mereka.

“Oleh karena itu, pilihan Barnier sebagai menteri keuangan akan sangat penting untuk meyakinkan Brussel dan pasar keuangan bahwa Prancis dapat keluar dengan aman dari krisis politik dan fiskal yang saling terkait selama tiga bulan ke depan,” kata perusahaan itu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper