Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiru Paus Fransiskus, Jokowi Naik Innova Zenix ke Stadion GBK

Presiden Jokowi terpantau menaiki mobil Toyota Innova Zenix, seperti yang dipakai Paus Fransiskus, saat menuju ke stadion GBK.
Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 4 September 2024. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 4 September 2024. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

Bisnis.com, JAKARTA – Kesederhanaan Paus Fransiskus turut memberikan pengaruh kepada semua pejabat, salah satunya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang turut menumpang kendaraan Toyota Innova Zenix pada agenda kenegaraannya sepanjang hari ini Kamis (5/9/2024).

Menurut pantauan Bisnis di lapangan, terdapat hal menarik saat Jokowi menghadiri Opening Ceremony Indonesia International Sustainability Forum (IISF) 2024, yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Tak seperti biasanya kala rombongan mobil kendaraan yang begitu ramai, kali ini Jokowi hanya datang dengan armada yang rangkaiannya begitu pendek. Namun, yang lebih menarik adalah Jokowi menumpang tak lagi di Mercy, Lexus, atau BMW. Melainkan menaiki Toyota Innova Zenix. 

Termasuk dalam agenda melepas Paus Fransiskus pada acara Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, sore ini. Orang nomor satu itu juga terpantau berlalu lalang di Jakarta dengan kendaraan MPV generasi terbaru dari Toyota itu.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi pun menyampaikan alasan Kepala Negara memilih Innova Zenix sebagai mobil dinasnya saat ini, sebab kendaraan itu digunakan juga oleh Paus Fransiskus saat berkeliling di Indonesia. 

Menurutnya, Jokowi melakukan aksi tersebut merupakan bentuk penghormatan kepada pemimpin tertinggi gereja katolik tersebut. Hasan menilai wajar apabila mantan Wali Kota Solo itu menggunakan kendaraan tersebut untuk hadir Misa Akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Itu bentuk penghormatan. Presiden sebelumnya juga sudah sering menggunakan kendaraan tersebut untuk kegiatan pribadi. Kalau datang menghadiri misa Paus dengan kendaraan itu juga wajar sebab paus juga menggunakan kendaraan yang sama," katanya kepada Bisnis melalui pesan teks, Kamis (5/9/2024) 

Lebih lanjut, dia menekankan bahwa Jokowi ingin mencari persamaan ketimbang mengekspresikan perbedaan sangat penting dalam diplomasi dan komunikasi.

"Sama seperti ketika menghadiri acara partai, presiden juga hampir selalu menggunakan pakaian yang senada dengan warna partai tersebut. Agar secara emosional jadi lebih dekat, dan komunikasi pun bisa berjalan lebih hangat," tandas Hasan.

Sebenarnya, Jokowi mulai menumpang dengan Innova Zenix sebagai kendaraan dinasnya sejak kemarin Rabu (4/9/2024) untuk pulang ke Bogor, Jawa Barat, setelah seharian bekerja.

Deputi Protokol dan Pers Media Istana, Yusuf Permana pun mengonfirmasi bahwa pemakaian mobil tersebut juga sudah biasa, utamanya saat kegiatan pribadi (incognito).

Menurutnya, Jokowi sudah memakai mobil itu jauh sebelum kedatangan Paus ke Indonesia.

"Bapak Presiden juga terbiasa menggunakan kendaraan Innova, utamanya pada saat kegiatan incognito. Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, sering sekali beliau menggunakan kendaraan Innova," ucapnya.

Memang hari ini dan kemarin mobil berwarna hitam itu terlihat melintasi jalan, dengan pelat RI-1. Innova Zenix menjadi salah satu kendaraan yang menarik perhatian pasca kedatangan pemimpin besar gereja Katolik, Paus Fransiskus, ke Indonesia.

Mobil itu dipilih Paus dalam kunjungan apostoliknya ke Indonesia sejak Selasa (4/9/2024), dan menjadi mobil pertama yang ditumpanginya sejak menginjakkan kaki di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper