Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Deretan 9 Artis yang Ramaikan Pilkada 2024, dari Rano Karno Sampai Marshel Widianto

Rano Karno diusung oleh Partai PDIP untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta 2024, berpasangan dengan Pramono Anung.
Pilkada 2024/kpukotacimahi
Pilkada 2024/kpukotacimahi

Bisnis.com, JAKARTA -- Andil para artis dalam pencalonan diri sebagai wakil rakyat bukanlah hal baru, kali ini termasuk menjadi calon kepala daerah. 

Sebelumnya, pada 2020 sudah ada nama-nama seperti Sahrul Gunawan yang sempat mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Bandung. Kemudian ada Lucky Hakim yang sempat menjabat sebagai Wakil Bupati Indramayu. 

Punya nama yang sudah dikenal membuat mereka lebih mudah dilirik masyarakat dan harapannya mendapatkan suara. Namun, tak sedikit pula yang tetap harus merogoh kocek dalam-dalam untuk biaya kampanye. 

Berikut ini deretan artis yang meramaikan bursa pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024:

1. Rano Karno

Artis pemeran utama sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang legendaris, Rano Karno, baru-baru ini diusung oleh Partai PDIP untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta 2024, berpasangan dengan Pramono Anung. 

Sebelumnya, nama Rano Karno digadang akan maju bersama Anies Baswedan, tetapi nama Anies tak diumumkan oleh PDIP pada pengumuman calon kepala daerah pada Senin (26/8/2024). Alih-alih, PDIP mengusung nama Pramono Karno.

Sebelum diusulkan di Jakarta, Rano Karno sudah sempat mendaftarkan diri untuk maju di Pilkada Banten bersama PDIP. 

2. Desy Ratnasari

Pelantun lagu “Tenda Biru” ini juga sudah lebih dulu menjajaki dunia perpolitikan. Sebelumnya, Desy sempat menjabat sebagai anggota DPR RI sejak 2014. 

Pada Pilkada tahun ini, Desy mendaftarkan diri mewakili PAN (Partai Amanat Nasional) untuk maju di Pilkada Jawa Barat. Namun, saat ini PAN masih belum menemukan pasangan duet bagi Desy Ratnasari untuk maju sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.  

3. Eko Patrio

Tak hanya Desy Ratnasari, PAN juga mengusung artis lainnya dalam Pilkada 2024 di DKI Jakarta, yaitu Eko Patrio. 

Pria dengan nama asli Eko Hendro Purnomo itu disebut akan menjadi salah satu kandidat Gubernur/Wakil Gubernur Jakarat pada Pilkada 2024. 

4. Ronal Surapradja

Diam-dia aktif di politik, komedian Ronal Surapradja juga diketahui telah mendaftarkan diri maju sebagai bakal calon wakil kota atau wakil Wali Kota Bandung melalui PDIP.

Dia mengatakan mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Bandung sebagai bentuk rasa berbakti ke tanah kelahirannya. 

5. Ahmad Dhani

Setelah berhasil melenggang ke Senayan dalam pemilihan anggorta DPR RI 2024-2029, nama Ahmad Dhani kembali muncul dalam bursa Pilkada 2024. 

Gerindra mengusung Ahmad Dhani untuk ikut serta dalam Pilkada 2024. Dia sudah bergabung dengan Gerindra sejak 2017. Pentolan Dewa 19 itu akan maju dalam Pilkada Surabaya, sebagai calon Wali Kota Surabaya.

6. Marshel Widianto

Nama pelawak dan Stand Up Comedian, Marshel Widianto, juga masuk dalam pencalonan Pilkada 2024. dia tetap maju meskipun penuh kontroversi. 

Marshel mulai merambah dunia peran dan politik setelah lulus dari Stand Up Comedy Academy di Indosiar. Pada Pilkada 2024 ini, Marshel diusung oleh Partai Gerindra sebagai calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, menemani Riza Patria sebagai Calon Wali Kota.

7. Raffi Ahmad

Selebriti selanjutnya yang digadang akan turut meramaikan Pilkada 2024 adalah Raffi Ahmad.

Sultan Andara itu disebut akan maju dalam Pilkada Jawa Tengah, bersama dengan Bupati Kendal saat ini, Dico Ganinduto. Meskipun belum pasti, artis pendukung setia Prabowo Gibran dalam Pilpres 2024 itu mengaku tidak pernah menutup kemungkinan untuk pencalonan diri dalam Pilkada tahun ini.

8. Ritchie Ismail

Personil band Govinda yang juga merupakan adik ipar Raffi Ahmad itu juga disebut bakal ikut maju dalam Pilkada 2024. 

Pria yang akrab disapa Jeje Govinda itu disebut akan masuk bursa Pilkada Kabupaten Bandung Barat 2024 melalui PAN. Namun, sampai kini dia belum mendapatkan pasangan pendamping untuk maju di Pilkada 2024. 

9. Kris Dayanti

Setelah gagal untuk kembali melenggang di Senayan sebagai anggota DPR, penyanyi Kris Dayanti diketahui telah mendaftarkan diri sebagaicalon Wali Kota Batu, Jawa Timur melalui PDIP. 

Sebelumnya, bersama partai banteng itu Kris Dayanti berhasil menjadi anggota DPR periode 2019 - 2024 Dapil V Jawa Timur. Menuju akhir masa jabatannya, dia kembali mencalonkan diri di dapil yang sama untuk 2024 - 2029 tetapi tidak lolos.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper