Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elite Golkar Blak-blakan Usai Airin Resmi Diusung PDIP jadi Cagub Banten

Politisi Partai Golkar DPP agar tidak memberikan sanksi kepada kadernya, Airin Rachmy Diany yang diusung PDIP sebagai Cagub Banten.
Politisi Golkar Ahmad Doli Kurnia saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/8/2024). JIBI/Dany Saputra
Politisi Golkar Ahmad Doli Kurnia saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/8/2024). JIBI/Dany Saputra

Bisnis.com, JAKARTA -- Politisi Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebut telah meminta Dewan Pimpinan Pusat (DPP) agar tidak memberikan sanksi kepada kadernya, Airin Rachmy Diany, yang telah resmi diusung PDI Perjuangan (PDIP) sebagai Calon Gubernur (Cagub) Banten. 

Seperti diketahui, Airin diusung oleh PDIP sebagai bakal calon gubernur Banten dan dipasangkan oleh kader partai berlogo banteng itu, Ade Sumardi sebagai bakal calon wakil gubernur.

Airin didepak lantaran Golkar telah memberikan form B1.KWK kepada bakal pasangan calon Andra Soni-Dimyati Natakusumah untuk Pilkada Banten 2024. 

Doli mengakui bahwa Golkar menghadapi situasi yang tidak mudah, karena partainya mengutamakan kepentingan untuk bersama dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Hal itu lantaran Airin sebelumnya telah dideklarasikan sebagai bakal calon gubernur Banten oleh PDIP sebelum Andra Soni-Dimyati Natakusumah. 

"Saya mengusulkan kepada teman-teman DPP untuk tidak memberikan sanksi apapun kepada bu Airin, karena itu hak sebagai warga negara yang dijamin konstitusi, apalagi dia masih menyatakan sampai sekarang adalah kader partai Golkar," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Doli juga memastikan bahwa partainya tidak memberikan dukungan kepada Airin dalam Pilkada Banten. Namun, dia menyatakan partainya tidak bisa melarang apabila mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu mendapatkan tiket pencalonan dari partai lain. 

Kendati tak dilarang, timpal Doli, Airin tidak boleh menggunakan atribut Partai Golkar saat berkampanye. 

"Tapi ya, tentu partai punya aturan, Golkar punya aturan. Yang bisa menggunakan atribut-atribut partai, di dalam kampanye, sosialisasi, itu adalah pasangan calon yang diberikan dukugan secara formal," kata pria yang juga Ketua Komisi II DPR itu. 

PDIP secara resmi mengusung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju calon gubernur dan wakil gubernur Banten. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin siang (26/8/2024). 

"Dari Provinsi Banten, Ibu Airin Rachmi Diany tepuk tangan yang meriah, didampingi Ade Sumardi sebagai Ketua DPD PDIP Banten. Jadi Banten ini sudah bergelora, kemarin rakyat sudah mengukuhkan pasangan ini. Meskipun ada hambatan kiri kanan, tapi harus ada fighting spirit kata Bu Mega," ujar Hasto.  

Sebelumnya, deklarasi Airin-Ade Sumardi telah berlangsung pada Minggu (25/8/2024). Adapun, penyerahan rekomendasi kepada Airin dilakukan oleh Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper