Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Duka, Maria Branyas Orang Tertua di Dunia Meninggal, Ini Profilnya

Orang tertua di dunia Maria Branyas meninggal dunia di usia 117 tahun
Santa Maria del Tura tempat Maria Branyas tinggal terakhir kali/Santa Maria del Tura
Santa Maria del Tura tempat Maria Branyas tinggal terakhir kali/Santa Maria del Tura

Bisnis.com, JAKARTA - Maria Branyas, orang tertua di dunia, meninggal dengan tenang di panti jompo Spanyol pada usia 117 tahun, menurut akunnya di platform X dan juru bicara di panti tersebut pada hari Selasa.

"Maria Branyas telah meninggalkan kami. Dia meninggal sesuai keinginannya: dalam tidurnya, dengan damai dan tanpa rasa sakit," kata akun resmi X-nya, dan juru bicara panti jompo mengonfirmasi berita tersebut tanpa memberikan rincian dilansir dari reuters.

Branyas menyatakan bahwa kematiannya akan segera terjadi pada hari Senin di X, dengan mengatakan: "Saya merasa lemah. Waktunya telah tiba. Jangan menangis, saya tidak suka air mata... Anda tahu saya, ke mana pun saya pergi, saya akan berada senang."

Akun X-nya dikelola oleh putrinya.

Dilansir dari Guardian, Branyas, yang telah tinggal selama dua dekade terakhir di panti jompo Santa Maria del Tura di kota Olot di timur laut Spanyol, telah memperingatkan dalam sebuah postingan bahwa dia merasa “lemah”.

“Waktunya sudah dekat. Jangan menangis, aku tidak suka air mata. Dan yang terpenting, jangan menderita untukku. Ke mana pun saya pergi, saya akan bahagia,” imbuhnya di akun yang dikelola keluarganya.

Guinness World Records secara resmi mengakui status Branyas sebagai orang tertua di dunia pada Januari 2023 setelah kematian biarawati Prancis Lucile Randon pada usia 118 tahun.

Setelah kematian Branyas, orang tertua yang masih hidup di dunia adalah Tomiko Itooka dari Jepang, yang lahir pada tanggal 23 Mei 1908, dan berusia 116 tahun, menurut Kelompok Penelitian Gerontologi AS.

Branyas, yang pernah mengalami flu tahun 1918, perang dunia pertama dan kedua, serta perang saudara di Spanyol, tertular Covid-19 pada tahun 2020 hanya beberapa minggu setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-113. Dia dikurung di kamarnya di rumah tetapi pulih sepenuhnya.

Putri bungsunya, Rosa Moret, pernah mengaitkan umur panjang ibunya dengan “genetika”.

“Dia tidak pernah pergi ke rumah sakit, dia tidak pernah mengalami patah tulang apa pun, dia baik-baik saja, dia tidak merasakan sakit,” kata Moret kepada televisi regional Catalan pada tahun 2023.

Branyas lahir di San Francisco pada 4 Maret 1907, tak lama setelah keluarganya pindah ke AS dari Meksiko.

Seluruh keluarga memutuskan untuk kembali ke negara asal mereka, Spanyol pada tahun 1915 ketika perang dunia pertama sedang berlangsung, yang mempersulit pelayaran kapal melintasi Atlantik.

Penyeberangan itu juga diwarnai dengan tragedi - ayahnya meninggal karena TBC menjelang akhir pelayaran dan peti matinya dibuang ke laut.

Branyas dan ibunya menetap di Barcelona. Pada tahun 1931 – lima tahun sebelum dimulainya perang saudara Spanyol tahun 1936-39 – ia menikah dengan seorang dokter.

Pasangan ini hidup bersama selama empat dekade hingga suaminya meninggal pada usia 72 tahun. Dia memiliki tiga anak, termasuk satu orang yang sudah meninggal, 11 cucu dan banyak cicit.

Manel Esteller, bagian dari tim peneliti dari Universitas Barcelona yang mempelajari DNA Branyas untuk mengetahui penyebab umur panjangnya mengatakan kepada surat kabar harian Spanyol ABC pada bulan Oktober 2023 bahwa dia terkejut dengan kesehatan Branyas yang baik.

“Pikirannya benar-benar jernih. Dia mengingat dengan sangat jelas kejadian-kejadian ketika dia baru berusia empat tahun, dan dia tidak memiliki penyakit kardiovaskular, yang umum terjadi pada orang lanjut usia. Satu-satunya hal yang dia miliki adalah masalah mobilitas dan pendengaran. Ini luar biasa,” kata profesor genetika itu.

Orang tertua yang pernah hidup dan terverifikasi adalah wanita Prancis Jeanne Louise Calment yang meninggal pada tahun 1997 dalam usia 122 tahun 164 hari.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper