Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Konglomerat yang Hadiri Upacara HUT ke 79 RI di IKN

Sejumlah konglomerat terpantau menghadiri Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Sugianto Kusuma alias Aguan pemilik Agung Sedayu Group beserta sejumlah pejabat di IKN./Istimewa
Sugianto Kusuma alias Aguan pemilik Agung Sedayu Group beserta sejumlah pejabat di IKN./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah konglomerat terpantau menghadiri Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Sabtu (17/8/2024).

Terlihat pada konglomerat tersebut duduk berderet di podium yang telah disediakan di lapangan upacara. Mereka tampak kenakan baju batik.

Ketika kamera menyorot mereka, para konglomerat tersebut tampak tersenyum. Siapa saja mereka?

Terlihat ada Sugianto Kusuma atau lebih dikenal dengan Aguan. Dia merupakan pendiri Agung Sedayu Group (ASG).

ASG memiliki berbagai proyek properti seperti perumahan, pertokoan, apartemen, hingga kawasan niaga dan industri. Contohnya Harco Mangga Dua, Taman Anggrek Residence, Kelapa Gading Square, hingga Puri Mansion.

Selanjutnya, juga terlihat Prajogo Pangestu yang kerap menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Prajogo dikenal lewat perusahaannya Barito Pacific Timber (BRPT) dan Barito Renewables Energy (BREN) atau Barito Group.

Dia memulai karier di industri pulp dan keras. Setelahnya, dia melakukan ekspansi ke sektor petrokimia, agribisnis, dan energi.

Kemudian ada taipan Franky Oesman Widjaja. Franky dikenal sebagai putra dari konglomerat pendiri Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja yang telah meninggal pada 2019 silam.

Mewarisi kekayaan keluarganya, Forbes sempat mencatat Franky sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia pada 2022. Perusahaan Sinar Mas sendiri bergerak di banyak sektor seperti properti, kimia, jasa keuangan, pertanian, hingga pulp dan kertas.

Terakhir, ada Garibaldi Thohir alias Boy Thohir. Dia merupakan kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir.

Dia adalah pendiri, CEO, dan pemegang saham penting Adaro Energy yang merupakan eksportir batu bara terbesar di dunia. Forbes sempat mencatatnya sebagai orang terkaya ke-15 di Indonesia.

Sebagai informasi, perayaan upacara HUT ke-79 RI pada tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun ini pemerintah mengadakan upacara detik-detik proklamasi di dua tempat, yaitu IKN Nusantara dan Istana Merdeka, Jakarta. 

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan nantinya akan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari IKN.

Konsorsium Nusantara 

Konsorsium Nusantara yang dipimpin oleh Sugianto Kusuma atau Aguan, tercatat menjadi salah satu kumpulan perusahaan kakap yang paling jor-joran berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Konsorsium tersebut, telah berkomitmen untuk mengucurkan investasi pada provyek mix used development yang terdiri atas mal, hotel, dan perkantoran di ibu kota baru itu.

Total investasi yang digelontorkan pun tak tanggung-tanggung. Kebutuhan investasi proyek tersebut ditaksir hingga Rp20 triliun.

Saat groundbreaking Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Selasa (4/6/2024), Pemimpin Konsorsium Nusantara Sugianto Kusuma atau Aguan turut memperkenalkan satu per satu perusahaan yang tergabung dalam konsorsiumnya di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada kesempatan itu, beberapa perusahaan yang dikenalkan yakni Astra Group, Sinar Mas, Grup Mulia, Kawan Lama Group, Alfamart Group, Adaro Energy, dan Barito Pasific.

Aguan menjelaskan konsorsium tersebut masih ketambahan 2 perusahana kakap untuk proyek pembangunan Kebun Raya Nusantara atau Nusantara Botanical Garden. Pada proyek tersebut, Aguan Cs didukung oleh Wings Group dan Djarum Group.

Aguan Cs akan membangun Botanical Garden yang akan menjadi area konservasi sekaligus destinasi eduwisata. Dengan luas lahan 211 hektare, tahap pertama pembangunan berfokus pada koleksi anggrek, pusat riset anggrek, dan rumah anggrek.

Sementara itu, fasilitas lain termasuk visitor centre, cafe, dan pojok UMKM, juga dibangun untuk menjadikan Nusantara Botanical Garden sebagai salah satu destinasi yang bermuatan edukasi di Nusantara.

Tahap 1A pembangunan Kebun Raya Nusantara akan menekankan fungsi penelitian, pendidikan, dan wisata lingkungan, dengan rencana fokus pada konservasi dan jasa lingkungan pada tahap-tahap selanjutnya.

Aguan menyebut kontribusi Konsorsium Nusantara menjadi bentuk dukungan penuh dari konsorsium yang berisi berbagai sektor swasta dan pengusaha dalam pembangunan Nusantara yang lebih hijau, modern, dan dicintai masyarakatnya.

Berikut daftar 12 perusahaan Konsorsium Nusantara di IKN:

1. Agung Sedayu Group (Sugianto Kusuma)
2. Salim Group (Anthony Salim)
3. Sinarmas (Franky WIjaya)
4. Pulauintan (Pui Sudarto/Maruarar Sirait)
5. Adaro (Boy Tohir)
6. Barito Pacific (Prajogo Pangestu)
7. Astra Group (Soeryadjaya)
8. Mulia Group (Eka Tjandranegara)
9. Kawan Lama Group (Kuncoro Wibowo)
10. Alfamart Group (Djoko Susanto)
11. Wings Group (William Katuari)
12. Djarum Group (Budi Hartono)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper