Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol IKN Fungsional Mulai Hari Ini hingga 18 Agustus 2024!

Pemerintah menyatakan bahwa Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai berlaku fungsional pada hari ini, Sabtu (10/8/2024).
Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki H. bersiap melakukan uji coba Tol IKN./Bisnis - Akbar
Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki H. bersiap melakukan uji coba Tol IKN./Bisnis - Akbar

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai berlaku fungsional pada hari ini, Sabtu (10/8/2024).

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga menjelaskan proses fungsional tol tersebut bakal dilakukan hingga 18 Agustus 2024.

“Kita sementara [fungsional] sampai terus 18 Agustus 2024 kita akan buka. Mulai dibuka [untuk] kirab lewat sana,” tuturnya saat ditemui di Kawasan Bendungan Sepaku Semoi, Penajam Paser Utara, Jumat (10/8/2024).

Danis menuturkan, selama fungsional Tol Akses IKN dipastikan akan dibuka 24 jam. Dirinya juga memastikan Kementerian PUPR akan mengawal secara penuh arus lalu lintas selama proses fungsional berlangsung.

Adapun saat ini, Kementerian PUPR tengah melakukan sejumlah pengerjaan finalisasi berupa pemasangan umbul-umbul, hingga merapihkan titik-titik expansion joint.

“Kalau antar jalan sama jembatan itu ada expansion joint itu ada beberapa titik supaya tidak jedug, itu kita rapihin cuma perampungan saja kita pasang umbul-umbul dan lain sebagainya,” pungkas Danis.

Jalan Bebas Hambatan Akses IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 - Kariangau, kemudian menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara. Dengan demikian, waktu tempuh yang dibutuhkan dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) kira-kira hanya 1 jam 30 menit saja.

Sementara itu, berdasarkan catatan Bisnis, hingga akhir Juli 2024 konstruksi Tol IKN telah dilakukan pada 6 seksi. Princian progresnya yakni Seksi 3A Karangjoang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 81,15%, Seksi 3B KKT Kariangau - Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan proges 91,53%, serta Seksi 5A Simpang Tempadung - Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km dengan progres 88,28%. 

Kemudian, Seksi 5B Jembatan Pulau Balang-Riko sepanjang 13,27 km dengan progres 23,54% dan  Seksi 6A Riko – Rencana Outer Ring Road IKN sepanjang 6,28 km dengan progres 31,68%. 

Terakhir, Seksi 6B Rencana Outer Ring Road – Simpang 3 ITCI sepanjang 6,18 km dengan progres 35,18%. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper