Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liburan di IKN, Ini Destinasi Wisata dan Kuliner yang Dapat Anda Kunjungi

Bagi Anda yang ingin ikut upacara di IKN, maka bisa mencoba beberapa destinasi wisata di sekitar IKN.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akan melaksanakan upacara HUT Indonesia yang ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN). Usai upacara, Anda bisa mencoba beberapa destinasi wisata  dan kuliner.

Saat ini, pemerintah tengah melakukan konstruksi besar-besaran untuk ibu kota baru Indonesia. IKN memiliki keindahan hutan mangrove dan air terjun.

Simak destinasi wisata yang bisa dikunjungi di sekitar IKN:

1. Wisata Hutan Mangrove Mentawir

Wisata hutan mangrove ini berlokasi di Desa Mentawir, Penajam Paser Utara. Anda dapat menggunakan jalur darat dari Titik Nol IKN selama 1 jam untuk mencapai destinasi ini.

Dilansir dari Jejaring Desa Wisata Kalimantan Timur, untuk mengakses wilayah mangrove, Anda dapat menggunakan perahu dari dermaga desa menuju dermaga hutan dengan biaya Rp10.000. 

Masyarakat dapat memancing dan bersantai di area hutan mangrove hingga menyusuri perairan teluk. Tersedia beberapa gazebo dan jembatan kayu sepanjang 500 meter.

2. Bangkirai Hills Balikpapan

Bangkirai Hills atau Bukit Bangkirai merupakan kawasan wisata alam dan hutan hujan lindung di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Anda dapat menikmati keindahan alam Kalimantan Timur dengan flora dan fauna langka di sini. Melansir Diskominfo Kalimantan Timur, kawasan wisata ini juga menyediakan tur kanopi di atas jembatan sepanjang 64 meter dan dibangun di antara lima pohon bangkirai.

Bangkirai Hills dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam dari Titik Nol IKN maupun kota Balikpapan.

3. Air Terjun Tembinus

Melansir situs resmi Kabupaten Penajam Paser Utara, pengunjung dapat berwisata ke Air Terjun Tembinus atau biasa disebut Niagara Tembinus pada akhir pekan.

Karena medannya yang menantang, pengunjung disarankan datang ketika cuaca cerah. Daerah wisata pun hanya dibuka hingga pukul 16.00 waktu setempat.

Air Terjun Tembinus masih berada dalam wilayah Hak Guna Usaha PT ITCI Hutani Manunggal. Lokasi wisata ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dari Titik Nol IKN, atau 3 jam dari ibukota Kabupaten Penajam Paser Utara.

4. Glamping IKN Sepaku

Glamping atau glamorous camping menjadi alternatif mewah bagi wisatawan yang suka berada di alam tanpa kesulitan akomodasi. Salah satu lokasi yang sering dikunjungi Presiden Jokowi ketika membawa tamu ke IKN adalah Glamping IKN Sepaku.

Dilansir dari Rumah123, lokasi Glamping IKN Sepaku berada di tengah hutan IKN. Terdapat 17 kabin dengan beragam fasilitas seperti AC dan balkon. Terdapat juga area api unggun di tengah penginapan.

Lokasi wisata ini berada 4,7 kilometer dari Titik Nol IKN, tetapi belum dapat diinapi oleh pengunjung umum per 2024.

5. Roti Gembung Ibukota

Roti gembung atau roti gembong merupakan camilan khas Kutai, Kalimantan Timur. Salah satu UMKM yang menjual roti gembung adalah Roti Gembung Ibukota, berlokasi di Jalan Negara no. 21, Sepaku, Penajam Paser Utara. 

Lokasi strategis dan nama brand yang mudah diingat membuat Roti Gembung Ibukota digadang sebagai oleh-oleh khas IKN. Melansir ID Alamat, toko roti ini menjual berbagai macam roti lain dengan harga terjangkau.

6. Kepiting Saus Dandito 

Kepiting saus dandito adalah salah satu kuliner laut khas Kalimantan Timur. Restoran yang terkenal menyajikan kepiting ini adalah Dandito Restaurant.

Dispar Kaltim menyebutkan, kepiting saus dandito berpotensi sebagai makanan andalan IKN, walaupun lokasinya berada di kota Balikpapan.

Tempat makan ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer atau 10 menit dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Sebelum atau setelah memasuki IKN, Anda dapat singgah dan menikmati kepiting dengan saus spesial ini.

7. Arena Botanika 

Sebagai kota teranyar Indonesia, IKN tentu perlu menyediakan pusat kuliner bagi pejabat, warga, maupun wisatawan setempat.

Arena Botanika akan hadir di IKN sebagai pusat kuliner dengan konsep premier social compound. Berbentuk urban forest, pusat kuliner ini menyerupai tempat nongkrong kekinian di Jakarta.

Dalam siaran Arena Group (5/6/2024), Arena Botanika IKN akan menyediakan 5 jenama pada awal 2025. Antara lain, Seribu Rasa, Penang Bistro, Greyhound Cafe, Maison Tatsuya, dan Gyu-Shige Tokyo Yakiniku.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper