Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Keir Starmer, Calon PM Inggris dari Partai Buruh yang Bakal Gantikan Rishi Sunak

Keir Starmer akan menggantikan Rishi Sunak sebagai PM Inggris setelah Partai Buruh diperkirakan menang telak dalam Pemilu.
Pemimpin Partai Buruh Inggris Keir Starmer menyampaikan pidato kemenangan dalam acara nonton bareng hasil pemilihan umum Partai Buruh di London, Inggris, pada hari Jumat, 5 Juli 2024./Bloomberg-Betty Laura Zapata
Pemimpin Partai Buruh Inggris Keir Starmer menyampaikan pidato kemenangan dalam acara nonton bareng hasil pemilihan umum Partai Buruh di London, Inggris, pada hari Jumat, 5 Juli 2024./Bloomberg-Betty Laura Zapata

Bisnis.com, JAKARTA - Keir Starmer akan menggantikan Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri Inggris setelah Partai Buruh yang dipimpinnya diproyeksi memenangkan Pemilu. Ia berpotensi menjadi pemimpin Perdana Menteri Inggris pertama dari Partai Buruh dalam hampir 20 tahun sejak Tony Blair pada 2005. 

Keir Starmer, 61 tahun, adalah seorang liberal sosial, moderat fiskal, dan pemimpin Partai Buruh Inggris. Terpilihnya Starmer akan menempatkan Inggris dalam posisi yang berlawanan dengan Eropa, dengan adanya kekhawatiran bangkitnya kelompok sayap kanan, khususnya di Prancis. 

Starmer tumbuh di pinggiran kota London yang makmur dan konservatif. Keluarganya menganut paham sosialis dan pekerja pasar. Ia dulunya bersekolah di sekolah negeri. 

“Ayahnya [Rodney Starmer] adalah seorang pembuat perkakas, yang mungkin tidak dipahami orang sebagai sosok yang terampil dan pintar, karena mereka hanya melihatnya bekerja di pabrik, dan dia selalu merasa kesal karena dianggap sombong,” jelas penulis Keir Starmer: The Biography, Tom Baldwin, seperti dikutip dari NPR, Jumat (5/7/2024). 

Calon dari Partai Buruh tersebut kemudian mengakui memiliki hubungan yang sulit dengan mendiang ayahnya. Starmer menuturkan bahwa mereka tidak berbicara dan tidak pernah benar-benar mengungkapkan kebanggaan atas apa yang mereka lakukan. 

Ibunya, Josephine, adalah seorang perawat di National  Health Service (NHS) Inggris, yang juga menderita penyakit kronis. Pengalaman ini membentuk pandangan Starmer terhadap pentingnya NHS.

Starmer juga bergabung dengan Young Socialist, sayap pemuda Partai Buruh pada usia 16 tahun. Ia kemudian tumbuh menjadi pengacara hak asasi manusia, memperjuangkan kasus-kasus melawan perusahaan minyak dan McDonald's.

Ia kemudian bekerja sebagai pengacara hak asasi manusia selama sekitar 20 tahun. Setelahnya, Starmer beralih haluan menjadi jaksa, dan selama lima tahun ia menjabat sebagai direktur penuntutan umum untuk Inggris dan Wales. Pada tahun 2014, Starmer menerima gelar bangsawan atas pekerjaannya di bidang peradilan pidana, menjadi Sir Keir.

Pada 2015, Starmer kemudian memenangkan kursi di Parlemen Inggris, mewakili daerah pemilihan Holborn dan St. Pancras di London utara. Seorang anggota Parlemen dari Wales, Carolyn Harris mengenang hari pertama Starmer bekerja dan menjanjikan Starmer untuk menjadi pemimpin Partai Buruh. 

Harris memandang Starmer sebagai seorang pragmatis yang bersediakan melakukan apa pun untuk terpilih secara nasional. Hal ini yakni dengan menggerakan partai ke arah tengah, mengikuti kepemimpinan sayap kiri Jeremy Corbyn. 

Lima tahun kemudian, Starmer dipilih oleh rekan-rekannya di Partai Buruh untuk menjadi pemimpin mereka dan menggantikan Corbyn. Kemudian, Starmer segera menskors Corbyn dari partai, menyusul tuduhan antisemitisme. Corbyn kemudian tetap berada di Parlemen sebagai seorang independen. 

Jika terpilih, Partai Buruh berjanji untuk memperbaiki hubungan dengan Eropa dengan mengenakkan pajak pada biaya sekolah swasta, melarang penjualan mobil berbahan bakar bensin dan diesel pada 2030, dan mengembalikan kewenangan pemerintah. 

Meski keunggulan Starmer dalam jajak pendapat mungkin kurang terkait dengan platform partainya, atau karismanya sendiri, beberapa headline di Inggris menyebutnya "membosankan." Jajak pendapat terbaru menunjukkan lebih banyak orang yang tidak menyetujui penanganannya terhadap partai.

Kolumnis Guardian, Polly Toynbee, menyebut bahwa kemenangan Partai Buruh akan lebih mencerminkan rasa muak para pemilih terhadap Partai Konservatif yang berkuasa.

Starmer kemudian dapat berusaha untuk mengelola ekspektasi. Ia menghadapi tantangan negara yang terhambat oleh langkah-langkah penghematan yang didukung Partai Konservatif selama bertahun-tahun dan kas pemerintah yang hampir kosong. 

“Keir Starmer menghadapi dilema yang sangat serius. Harapan akan perubahan besar sangat tinggi. Namun, daftar kebijakannya sederhana dan hati-hati,” jelas anggota Partai Konservatif yang menduduki kursi di House of Lords, David Willetts. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper