Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elite Golkar Kode Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar, Bukan Jakarta

Golkar masih memberikan dua penugasan ke Ridwan Kamil, tingkatkan elektabilitas di Jabar sekaligus Jakarta.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dok Antara
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dok Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia memberi kode keras koleganya Ridwan Kamil akan maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) daripada Pilgub Jakarta 2024.

Doli menjelaskan, Golkar masih memberikan dua penugasan ke Ridwan Kamil: tingkatkan elektabilitas di Jabar sekaligus Jakarta. Oleh sebab itu, belum ada kepastian di mana Ridwan Kamil akan maju sebagai calon gubernur.

Meski demikian, Doli meyakini Ridwan Kamil punya kesempatan menang lebih besar di Pilgub Jabar 2024 daripada Pilgub Jakarta 2024 menurut survei internal Golkar.

"Ridwan Kamil ini di Jawa Barat sudah teruji. Pertama, approval rating-nya [kepuasan warga atas kinerjanya] cukup tinggi sekali dan elektabilitasnya tidak ada yang menandingi, jauh sekali di atas nama-nama yang lain," kata Doli di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024).

Oleh sebab itu, dia meyakini warga Jabar masih menginginkan Ridwan Kamil memimpin satu periode lagi. Tak hanya itu, lanjutnya, Ridwan Kamil masih janji hingga program yang mungkin belum tuntas.

Sementara itu, Doli mengakui Ridwan Kamil juga punya tingkat keterpilihan yang lumayan di Jakarta. Meski, lanjutnya, kini muncul nama-nama kandidat kuat lain yang juga punya elektabilitas tinggi seperti Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Nah ini menurun elektabilitasnya [Ridwan Kamil], kalau kita melihat survei hari ini. Makanya, oleh karena itu, Pak Airlangga dan ketum yang tergabung dalam KIM [Koalisi Indonesia Maju] sepakat kita butuh waktu," ujar Doli.

Ketua Komisi II DPR ini menjelaskan pihaknya masih akan perkembangan survei ke depan jelang masa pendaftaran calon kepala daerah pada 27-29 Agustus 2024. Doli menekankan, masih ada waktu dua bulan lagi sebelum ambil keputusan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper