Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips agar Mahasiswa Lulus dengan Predikat Cumlaude

Cumlaude merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh pihak universitas, kepada mahasiswa dengan nilai akademik yang sangat baik.
Ilustrasi wisuda mahasiswa / freepik
Ilustrasi wisuda mahasiswa / freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi seorang mahasiswa, salah satu hal yang dituju adalah menjadi lulusan dengan predikat cumlaude.

Untuk mendapatkan predikat tersebut, Anda harus memiliki kestabilan dalam peningkatan nilai, dan mengatur strategi secara tepat. Maka dari itu, Anda harus memahami beberapa hal yang diperlukan supaya lulus dengan predikat cumlaude.

Cumlaude merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh pihak universitas, kepada mahasiswa dengan nilai akademik yang sangat baik. Namun, dibalik tingginya nilai akademik, terdapat persyaratan lain yang diberikan oleh masing-masing universitas. Jika Anda tertarik, maka tanyakan terkait sistem dan peraturan yang harus diterapkan.

Dilansir dari wikihow.com, Jumat (7/6/2024) predikat cumlaude yang diberikan kepada mahasiswa, memiliki banyak keuntungan salah satunya adalah jenjang karir di masa depan. Keuntungan lain dari predikat cumlaude adalah:

1. Mendapatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa program pascasarjana dari pihak universitas.

2. Menjadi pertimbangan yang baik bagi perusahaan.

3. Persaingan terhadap dunia kerja lebih rendah.

4. Mendapatkan kesan baik bagi universitas, keluarga, dan lingkungan sekitar.

Keuntungan tersebut dapat dirasakan apabila Anda berhasil mendapat predikat cumlaude saat lulus dari universitas.

Simak hal-hal yang diperlukan supaya lulus dengan predikat cumlaude:

1. Pilih metode belajar yang tepat

Memilih metode belajar yang tepat, merupakan suatu strategi untuk mendalami dan memahami materi pembelajaran yang disediakan oleh pihak universitas. Dalam hal ini Anda harus menentukan metode belajar secara tepat, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan yang diperlukan.

Anda bebas berkreasi dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia, untuk mengembangkan metode pembelajaran secara tepat. Jika Anda tertarik dan ingin mempelajari teori secara mendalam, silahkan mengikuti kursus pembelajaran yang dianggap tepat dan relevan.

2. Usahakan IPK selalu naik

IPK merupakan penilaian akumulasi keseluruhan dari hasil perkuliahan dari semester awal hingga akhir. Dalam satu semester, pastikan IPK Anda selalu naik dan stabil, supaya peluang untuk mendapatkan cumlaude dapat terbuka secara luas.

3. Prioritaskan waktu untuk belajar

Membangun skala prioritas untuk belajar, adalah suatu hal yang baik untuk kehidupan. Dalam masa perkuliahan, Anda harus mampu menerapkan kehidupan yang seimbang antara belajar, bermain, hangout, dan berolahraga.

Namun, dari semua hal tersebut yang perlu dijadikan sebagai prioritas adalah waktu untuk belajar. Semakin banyak waktu yang digunakan untuk belajar, maka wawasan dan pengetahuan akan bertambah secara maksimal. 

4. Pilih teman-teman yang baik

Memiliki teman-teman yang baik dan mendukung aktivitas belajar, adalah salah satu keuntungan yang belum tentu dapat dimiliki oleh banyak orang. Maka dari itu, manfaatkan peluang untuk mencari dan memilih teman yang baik untuk meraih kesuksesan, salah satunya mendapatkan predikat cumlaude. Anda harus bertindak secara bijak dalam menentukan pertemanan, selama perkuliahan berlangsung.

5. Selalu mencatat materi

Mencatat semua materi pembelajaran yang diberikan oleh dosen di kampus, adalah suatu kewajiban bagi para mahasiswa. Materi yang disampaikan tentunya mengandung nilai, pembahasan, dan poin-poin penting terhadap perkuliahan.

Maka dari itu, setiap kata dan materi yang diberikan oleh dosen, perlu dicatat dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran secara tepat. Anda dapat menambahkan sumber referensi lain untuk menambahkan segala materi yang sudah disampaikan saat perkuliahan berlangsung.

6. Kerjakan tugas secara cepat dan tepat

Mengerjakan tugas secara cepat dan tepat, menjadi salah satu hal yang harus diterapkan oleh banyak mahasiswa. Hal tersebut mengacu pada keseriusan dan pemahaman yang ditunjukkan oleh para mahasiswa, dalam mempelajari suatu ilmu.

Jika tugas dapat dilakukan secara cepat dan tepat sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, maka peluang untuk mendapatkan nilai besar dapat terbuka secara luas.

7. Menanyakan skema dan sistem cumlaude kepada pihak universitas

Setiap universitas memiliki standar dan sistem yang berbeda-beda, dalam menentukan predikat cumlaude bagi para mahasiswa. Jika Anda tergiur dan tertarik untuk mendapatkan predikat tersebut, maka bertanyalah kepada pihak universitas terkait persyaratan yang harus dilakukan. 

Jika Anda merasa yakin terhadap nilai, sikap, dan prestasi yang sudah didapatkan, kemungkinan besar peluang untuk mendapatkan predikat cumlaude terbuka bebas. Namun, Anda harus memastikan secara tepat mengenai persyaratan yang dapat diikuti untuk meraih predikat cumlaude tersebut. (Maharani Dwi Puspita Sari)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper