Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Pamer 70 Sistem Senjata di Parade Victory Day ke-79

Sebanyak 70 sistem persenjataan akan dipamerkan dalam parade Hari Kemenangan atau Victory Day di Lapangan Merah Moskow pada Kamis (9/5/2024).
Presiden Vladimir Putin berbicara setelah tempat pemungutan suara ditutup di Moskow./Reuters
Presiden Vladimir Putin berbicara setelah tempat pemungutan suara ditutup di Moskow./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu mengatakan bahwa 70 sistem persenjataan akan dipamerkan dalam parade Hari Kemenangan atau Victory Day di Lapangan Merah Moskow pada hari ini, Kamis (9/5/2024).

Dia juga mengatakan bahwa akan ada lebih dari 9000 tentara yang juga turut berpartisipasi dalam perhelatan tersebut. 

“Parade militer utama di Lapangan Merah akan melibatkan lebih dari 9.000 personel dan 70 sistem senjata," kata Shoigu, dilansir TASS, pada Kamis (9/5/2024). 

Adapun dia mengatakan bahwa secara keseluruhan, parade militer akan berlangsung di 28 Kota Rusia dengan melibatkan lebih dari 50.000 tentara di seluruh kota, dan sekitar 1.000 item persenjataan dan perangkat keras militer.

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya menyatakan bahwa kendaraan dan peralatan militer yang berpartisipasi dalam parade itu memulai perjalanannya dari tempat pelatihan Alabino dekat Moskow ke tempat parkir kendaraan sementara di distrik Pechatniki di tenggara Moskow, pada 19 April lalu. 

Dia mengatakan bahwa parede juga akan dimeriahkan oleh barisan pejalan kaki yang terdiri dari resimen, batalion dan kompi angkatan bersenjata dan cabang militer.

Selain itu, juga dimeriahkan oleh unit parade dari infanteri Suvorov dan angkatan laut Nakhimov, kadet dan musik militer, anggota gerakan pemuda Tentara Muda, anggota militer perempuan, Cossack dan kelompok militer gabungan. 

“Selain itu, peserta operasi militer khusus akan berbaris melintasi Lapangan Merah. Parade akan diakhiri dengan penerbang yang akan melewati kelompok aerobatik Ksatria Rusia dan Swift,” ujarnya.

Sementara itu, latihan terakhir parade Hari Kemenangan atau Victory Day di Rusia dilakukan di Lapangan Merah Moskow yang berlangsung pada 5 Mei lalu. 

Seperti diketahui, parade Hari Kemenangan atau Victory Day didedikasikan untuk memperingati 79 tahun Kemenangan Uni Soviet dalam Perang Patriotik Hebat melawan Nazi Jerman pada 1941-1945.

Peringatan Victory Day tersebut biasanya akan diadakan oleh pemerintah Rusia di Lapangan Merah Moskow, setiap tanggal 9 Mei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper