Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gara-gara Ransomware, Satu Kota Ini 'Lumpuh'

Satu kota lumpuh kegiatan digitalisasinya, karena serangan ransomware
Gara-gara Ransomware, Satu Kota Ini 'Lumpuh' /Freepik
Gara-gara Ransomware, Satu Kota Ini 'Lumpuh' /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Kota Wichita Kansas AS nyaris lumpuh karena pemerintah terpaksa menutup sebagian jaringannya setelah mengalami serangan ransomware akhir pekan lalu.

Pemerintah Kota mengonfirmasi bahwa mereka mengalami serangan pada hari Minggu, 5 Mei, ketika sistem TI dienkripsi dengan ransomware.

Menanggapi serangan tersebut, Pemerintah Kota mematikan jaringan komputernya untuk mencegah penyebaran ransomware ke perangkat lain.

Saat ini, tidak diketahui apakah data telah dicuri. Namun, sangat umum bagi geng ransomware untuk mencuri data di jaringan yang disusupi selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, sebelum menggunakan enkripsi mereka.

“Kami sedang menyelesaikan peninjauan dan penilaian menyeluruh mengenai masalah ini, termasuk potensi dampaknya terhadap data. Penilaian terperinci terhadap jenis insiden ini memerlukan waktu,” kata pejabat pemerintah di situs web Kota Wichita.

Akibat pemadaman tersebut, sistem pembayaran online untuk Kota sedang tidak aktif, termasuk sistem pembayaran tagihan air dan biaya pengadilan serta tiket.

Warga diperkirakan akan mengalami pemadaman layanan online, namun pemerintah kota tidak merinci layanan apa yang akan terpengaruh atau untuk berapa lama. Para pejabat mencatat bahwa responden pertama telah “beralih ke langkah-langkah kelangsungan bisnis jika diperlukan untuk terus memberikan layanan yang luar biasa.”

Pemerintah kota mengatakan bahwa petugas pertolongan pertama masih memberikan layanan, dan polisi dan pemadam kebakaran beralih ke tindakan kelangsungan bisnis jika diperlukan.

Meskipun kota tersebut tidak mengungkapkan siapa kelompok ransomware yang berada di balik serangan tersebut, mereka telah melaporkan kejadian tersebut kepada penegak hukum lokal dan federal, yang membantu dalam menanggapi serangan tersebut.

Pemerintah kota mengatakan keputusan untuk mematikan layanan “tidak dibuat dengan mudah tetapi diperlukan untuk memastikan bahwa sistem telah diperiksa dengan aman sebelum kembali berfungsi.”

“Kota ini menerapkan langkah-langkah kesinambungan bisnis, jika diperlukan, untuk meminimalkan gangguan dan bekerja sama dengan spesialis pihak ketiga untuk memulihkan jaringan komputer dengan aman dan terjamin,” kata pejabat pemerintah pada hari Minggu.

Badan penegak hukum federal dan departemen lokal terlibat dalam respons terhadap insiden tersebut. Kota tersebut menolak untuk mengatakan kelompok ransomware apa yang berada di balik serangan itu.

Para pejabat belum mengatakan data apa yang mungkin telah dicuri oleh para peretas.

Sistem akan dipulihkan secara bertahap dalam upaya untuk “meminimalkan gangguan,” jelas pemerintah kota.

Wichita adalah kota terpadat di Kansas – dengan lebih dari 400.000 penduduk – dan merupakan kota terbesar yang menghadapi serangan ransomware tahun ini setelah insiden serupa melumpuhkan sistem di Birmingham, Alabama dan Pensacola, Florida.

Kansas terpaksa membangun kembali sistem TI dari seluruh sistem peradilannya pada musim gugur setelah geng ransomware yang diduga berbasis di Rusia menghancurkannya dalam serangan bulan Oktober.

Baru minggu lalu, sistem Kansas City yang menyediakan informasi cuaca dan lalu lintas secara real-time kepada pengemudi di sepanjang jalan raya dan jalan raya terhenti karena serangan siber, sehingga merusak alat penting selama badai berbahaya di akhir pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper