Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Istiqlal Pastikan Jokowi-Maruf Hadir Salat Idulfitri 1445 H Besok

Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menghadiri salat Idulfitri 2024 pada Rabu (9/4/2024) di Masjid Istiqlal.
Umat muslim berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Umat muslim berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menghadiri salat Idulfitri 2024 pada Rabu (9/4/2024) besok.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan bahwa pihaknya telah bersiap mengantisipasi hal tersebut apabila Kementerian Agama (Kemenag) dalam sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh esok hari.

“Kalau memang seandainya langsung ditetapkan nanti malam, maka insyaallah besok yang akan hadir di sini pertama adalah Bapak Presiden Republik Indonesia, Pak Jokowi bersama Ibu Iriana dan Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia beserta dengan Ibu [Wuri Ma’ruf],” katanya dalam konferensi pers di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2024).

Dia melanjutkan, pejabat negara seperti jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) dan pimpinan lembaga negara juga akan hadir untuk melaksanakan salat idulfitri.

Selain itu, duta besar dari negara-negara sahabat hingga sejumlah mantan pejabat tinggi negara juga akan turut berpartisipasi.

Adapun, pelaksanaan salat idulfitri tersebut akan dipimpin oleh Ahmad Husni Ismail selaku imam, serta Martomo Malaing sebagai cadangan imam.

“Dan yang bertindak selaku khatib idulfitri besok ialah Prof. Dr. Kyai Haji Abdul A'la Basyir, Rais PBNU dan Mantan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya. Temanya adalah memperkuat kebersamaan dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” lanjut Nasaruddin.

Sementara itu, Dirjen Binmas Islam Kemenag Kamaruddin Amin akan mengambil peran sebagai cadangan khatib. Qadarasmadi Rasyid juga akan bertindak sebagai bilal sekaligus memimpin komando takbir.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyebut bahwa Presiden Jokowi akan merayakan Lebaran 2024 atau Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Dia menjelaskan bahwa telah ada surat masuk dari Menag Yaqut Cholil Qoumas kepada orang nomor satu di Indonesia itu untuk melaksanakan salat Ied di Masjid Istiqlal.

“Ada, yang jelas sudah ada surat masuk dari Pak Menteri Agama pada bapak Presiden undangan salat Id di Istiqlal. Jadi, iya insyaAllah di Jakarta,” katanya kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (5/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper