Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terimbas Fenomena Equinox, Ini Prakiraan Cuaca di Deli Serdang, Ciputat dan Cengkareng Hari Ini

Beberapa wilayah di Indonesia dilaporkan terkena imbas dari fenomena Equinox. Berikut prakiraan cuacanya hari ini, Jumat 22 Maret 2024.
Suhu panas
Suhu panas

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa wilayah di Indonesia dilaporkan terkena imbas dari fenomena Equinox. Berikut prakiraan cuacanya hari ini, Jumat 22 Maret 2024.

Ada satu fenomena yang diam-diam menyerang Indonesia pada bulan Maret 2024 ini. Fenomena yang dimaksud bernama Equinox.

Pada tahun ini, peristiwa equinox akan terjadi dua kali di Indonesia, yakni pada 21 Maret 2024 dan 23 September 2024. 

Fenomena Equinox atau disebut hari tanpa bayangan yang disertai dengan cuaca sangat panas tahun ini diperkirakan terjadi dua kali di Republik Indonesia (RI). Terdapat beberapa titik sangat panas di Tanah Air, salah satunya Ciputat.

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Guswanto menyampaikan fenomena equinox adalah peristiwa ketika titik subsolar suatu planet melewati ekuatornya. 

"Peristiwa ini di mana gerak semu matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun," ujarnya kepada Bisnis dikutip, Jumat (22/3/2024). 

Meski demikian, BMKG mengatakan bahwa fenomena ini tak akan membawa dampak signifikan terhadap Indonesia. Sebab sejauh ini, suhui rata-rata di seluruh wilayah Indonesia masih normal.

BMKG menegaskan bahwa equinox bukan fenomena, seperti gelombang panas atau heat wave yang terjadi di Eropa, Afrika, dan Amerika yang merupakan kejadian peningkatan suhu udara ekstrim di luar kebiasaan dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. 

Lembaga ini mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir terhadap dampak dari equinox karena secara umum suhu maksimumnya masih normal, yaitu di kisaran 32-36 °C, dengan kondisi cuaca di wilayah Indonesia cenderung masih lembab. 

Menurut Ummul, suhu terpanas terdeteksi di Deli Serdang, Sumatra Utara, yang mencapai 35,6 °C. Jakarta termasuk daerah yang terpapar panas tinggi, khususnya Ciputat yang mencapai 35,2 °C. Kemudian diikuti Kemarotan 34,8 °C dan Cengkareng 34,3 °C

Berikut adalah prakiraan cuaca di wilayah yang terimbas fenomena Equinox

Prakiraan Cuaca Deli Serdang

Deli Serdang terpantau cerah berawan hari. Namun, wilayah tersebut akan diguyur hujan mulai pukul 13.00 siang WIB. Hujan akan semakin lebat saat malam.

Suhu rata-rata hari ini antara 28 derajat celcius hingag 33 derajat.

Prakiraan Cuaca Ciputat

Meski sempat mengalami panas hingag 35,2 derajat celcius, namun prakiraan cuaca di Ciputat hari ini terpantau normal. Bahkan hujan akan mengguyur wilayah tersebut sejak pagi dan baru berhenti pada malam hari.

Suhu rata-rata hari ini antara 25 derajat hingga 32 derajat.

Cengkareng

Cengkareng diprakirakan mengalami hujan ringan pagi hari dan cerah hingga siang hari. Suhu rata-rata hari ini diprakirakan angara 25 derajat hingga 31 derajat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper