Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sederet Fakta Gempa Tuban, 2 Kali Gempa Susulan Hingga Dirasakan ke Jakarta

Gempa bumi bermagnitudo 6,5 skala richter mengguncang Tuban pada Jumat (22/3/2024) sore. Getaran gempa sempat dirasakan hingga ke Jakarta.
Ilustrasi pengukuran gempa bumi dengan seismograf/thetreebune
Ilustrasi pengukuran gempa bumi dengan seismograf/thetreebune

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa bumi bermagnitudo 6,5 skala richter mengguncang Tuban, Jawa Timur pada Jumat (22/3/2024) sore. Getaran gempa sempat dirasakan hingga ke Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat setidaknya terjadi 3 kali gempa bumi yang berlokasi di sekitar timur laut Tuban.

Gempa pertama terjadi pada pukul 11.22 WIB. Gempa diketahui berlokasi di 132 kilometer (Km) timur laut, Tuban dengan magnitudo 6 SR.

Gempa susulan pun kembali terjadi berselang 1 jam dari gempa pertama. Gempa susulan berkekuatan 5,3 SR yang berlokasi 1 km dari titik gempa bumi pertama.

Magnitudo terbesar dari gempa Tuban justru tercatat pada gempa susulan terakhir yang terjadi pada pukul 15.52 WIB. Gempa bumi ini berkekuatan 6,5 SR dan dengan kedalaman 10 km.

Dirasakan hingga ke Jakarta

Sejumlah daerah seperti Jakarta, Yogyakarta hingga Surabaya turut merasakan getaran dari gempa M 6,5 yang berpusat di Tuban. BMKG melaporkan gempa skala III-IV terasa di daerah Blora, Madura, Surabaya, Kab. Banjar. Skala II-III Mojokerto, Malang, Lumajang dan Nganjuk,

Kemudian, skala II-III dirasakan di Pasuruan, Jepara, Rembang, Demak, Kudus, Semarang, Banjarbaru, Sampit, Banjarmasin, Martapura, Balikpapan, Tanah Grogot, Madiun. Selanjutnya, skala II di Pacitan, Trenggalek, Blitar, Solo, Sleman, Kulonprogo, Kebumen, Temanggung, Yogyakarta. Sementara itu, sejumlah warganet di media sosial X juga menyebut gempa terasa hingga Jakarta.

BNPB Indonesia juga turut menuliskan terkait dengan getaran gempa di Tuban yang terasa hingga Jakarta. "#SahabatTangguh di Jakarta apakah ada yang merasakan gempa juga? Selain di wikayah Tuban, mana lagi yang juga merasakan gempanya?," tulis akun @BNPB_Indonesia, Jumat (22/3/2024).

Rumah warga terdampak

Pascagempa susulan pertama yang terjadi, BPBD Kabupaten Tuban melaporkan satu unit rumah mengalami kerusakan di area dapur serta merobohkan satu unit bangunan balai desa.

Di tempat lain, gempa yang juga mengguncang Gresik, menyebabkan rusaknya 1 unit masjid Rumah Sakit di Kepulauan Bawean, Kabupaten Gresik.

BNPB mencatat tidak ada korban jiwa pasca kejadian ini, kendati demikian BPBD Tuban, Rembang dan Gresik terus melakukan monitoring dan pendataan dampak gempa yang terjadi guna memastikan kondisi danpenanganan lebih lanjut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper